Fitur Extension Chrome akan di Update, Banyak AdBlocker Terkena Dampaknya

Extension Chrome Manifest V3

Extension Chrome Manifest V3 – Bagi kalian pengguna fitur AdBlocker ataupun Adblock maupun tim pengembangnya, ada kabar kurang menyenangkan bagi kalian. Itu karena Google baru-baru ini mengumumkan bahwa fitur Extension pada browser Chrome akan di update dan hal ini akan berdampak pada banyak Extension, terlebih fitur AdBlocker.

Seperti apa Dampaknya? Yuk, kita cari tahu bersama!

Update Fitur Extension Chrome Bernama Manifest V3 dari Google

Fitur Extension Chrome Manifest V3 mau di update Google

Informasi ini diumumkan secara resmi oleh Google melalui website resmi mereka. Dalam sebuah postingan terbaru, Google mengumumkan bahwa mereka akan melanjutkan proses transisi dari Manifest V2 ke Manifest V3 yang sudah lama mereka umumkan sejak tahun 2020 yang lalu.

Bagi kalian yang tidak tahu, Manifest adalah fitur iterasi dari Extension Chrome yang mana dapat memberitahu Browser segala macam informasi mengenai Extension tersebut, mulai dari nama, versi, dan juga izin penggunaan serta versi Browser yang dapat dijalankan.

Sementara itu Manifest V3 adalah semacam format baru pada browser yang memiliki beberapa perubahan yang wajib dijalan terhadap akses Extension pada Chrome. Itu berarti fitur tersebut membuat browser Chrome tidak mengizinkan developer melakukan load code terhadap extension buatan mereka melalui remote server.

Google berencana akan melakukan update Manifest terbaru yang akan dimulai awal bulan Juni 2024 mendatang melalui versi terbaru Chrome 127 atau lebih.

Berdampak Besar Terhadap Fitur Adblock dan Extension Lainnya di Chrome

Update tersebut bakal berdampak besar terhadap Extension lain, terlebih fitur Adblock

Sekilas tampak tidak ada yang salah terhadap adanya update Manifest yang ada di Extension Chrome. Namun ternyata hal ini akan berdampak pada banyak developer Extension buatan mereka, terlebih AdBlocker.

Dengan adanya versi terbaru Manifest V3, Itu berarti versi sebelumnya, yaitu Manifest V2 akan dimatikan oleh Google. Hal ini akan membuat banyak extension-extension lain yang masih berdasarkan Manifest V2 akan mati dan tidak bisa digunakan pada Chrome versi baru.

“Kami akan mulai mematikan Extension Manifest V2 pada versi Pre-Stable Chrome (Dev, Canary, beta) terhitung pada awal bulan Juni 2024 di Chrome 127 dan versi terbarunya. Dampak pada pengguna dalam rollout akan dapat dilihat dari Extension Manifest V2 dimatikan pada browser-nya dan tidak bisa digunakan lagi untuk install Extension Manifest versi tersebut dari Chrome Web Store. Dan juga pada bulan Juni 2024, Extension Manifest V2 akan kehilangan Featureed Badge di Chrome Web Store jika mereka memilikinya.

Google
Mau tidak mau para pengembang fitur Extension 3rd party harus merombak ulang program buatan mereka

Perlu kalian ketahui, pada saat Manifest V3 pertama kali diumumkan tahun 2020 yang lalu, banyak developer extension memberikan protes terhadap update fitur tersebut dari Google karena dapat mematikan banyak Extension mereka, terlebih fitur Ad Block yang populer dikalangan pengguna Chrome. Karena alasan dan kritikan itulah update tersebut harus mengalami penundaan dan bisa dilanjutkan kembali baru-baru ini.

Dalam pengumuman resmi dari Google, pihak mereka akan menghubungi setiap developer Extension untuk mengingatkan kembali sebelum transisi ini resmi dijalankan. Mereka menyarankan kepada para pembuat maupun publisher Extension yang masih menggunakan Manifest V2 untuk segera menyelesaikan migrasi mereka ke Manifest V3 sebelum bulan Juni 2024.

Itulah informasi mengenai fitur Extension di Chrome akan mengalami update, membuat banyak Extension termasuk AdBlocker akan kena dampaknya. Apakah Extension favorit kita akan benar-benar mati secara permanen? Mari kita tunggu informasi selanjutnya dari Google maupun pengembang Extension-nya mengenai hal ini.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Google, Chrome atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version