Facebook Cloud Gaming Kini Mulai Hadir di iOS

Facebook Cloud Gaming Ios

Dilansir dari GamingOnPhone, baru-baru ini Facebook ingin ikut meramaikan cloud gaming yang sedang menjadi tren saat ini. Facebook Cloud Gaming merupakan sub-brand yang akan fokus kepada live streaming dan game streaming. Mulai sekarang dan untuk seterusnya, Facebook Cloud Gaming ini akan dapat dinikmati oleh pengguna iPad dan iPhone.

Akses Game Hanya Melalui Web

Facebook Cloud Gaming dapat diakses pengguna melalui aplikasi web, dan dapat ditambahkan ke layar menu mereka seperti aplikasi pada umumnya. Layanan yang terbatas untuk Amerika Serikat dan beberapa daerah lainnya ini menggunakan HTML5 sebagai standar.

Selain untuk iOS, Facebook Cloud Gaming ini telah tersedia lebih dahulu untuk platform Android. Untuk mengaksesnya, kamu dapat mengeceknya melalui link ini, namun perlu diperhatikan bahwa di Indonesia, kita hanya bisa mengakses beberapa web games.

Facebook Cloud Gaming tidak memiliki aplikasi dikarenakan sebagai salah satu cara untuk memperluas jangkauannya ke iOS dan iPadOS. Ditambah kebijakan Apple Play Store yang ketat, menjadikan layanan cloud gaming ini masih memiliki performa yang kurang konsisten.

Setiap Game Harus Melalui Proses Pihak Apple

Sebenarnya, Apple sama sekali tidak mengizinkan layanan cloud gaming ini, namun pada akhirnya menyetujuinya, namun dengan harga yang tidak murah. Oleh karena itu, setiap game yang akan ditawarkan harus melalui proses dari pihak Apple terlebih dahulu. Kebijakan aplikasi Apple mengizinkan game berbasis HTML5 karena tidak ada aplikasi yang disimpan pada perangkat pengguna produk Apple ini.

Developer dan publisher game dilarang keras untuk menautkan ke game Facebook HTML5 mereka dari dalam aplikasi Facebook iOS. Seperti yang diinformasikan oleh SlashGear, hal ini dikarenakan Facebook Gaming memiliki sistem pembayaran sendiri dari Apple. Dengan tidak ada penautan ke game Facebook dari dalam aplikasi Facebook iOS, mau tidak mau pengguna tidak akan dapat melakukan pembelian dalam aplikasi.

Facebook Cloud Gaming saat ini masih dalam tahap perilisan awal, sehingga mungkin akan mengalami kesulitan untuk menggapai audiensnya. Namun tidak menutup kemungkinan kerja sama antar dua raksasa di bidang teknologi ini ke depannya.

Gimana menurut kalian, brott? Meski tidak dapat melakukan pembelian dalam aplikasi, hal ini tidak akan menjadi masalah, bukan? Karena kebanyakan pengguna hanya akan menggunakan layanan ini untuk sekedar bermain di saat senggang.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version