Facebook Dan Instagram Akan Tambah Fitur Untuk Tandai Postingan Berisi Hoaks

in , , ,

Facebook baru-baru ini mengumumkan akan segera menambahkan sebuah fitur yang akan menandai postingan yang berisi informasi palsu atau Hoaks. Hal ini dilakukan setelah makin banyaknya informasi yang beredar dimasyarakat yang berisi sebuah informasi palsu yang disebarkan oleh orang tidak ebrtanggung jawab.

Seperti yang kalian tahu, saat ini kabar hoaks sangat mudah sekali beredar di berbagai media, seperti sosial  media macam Facebook dan Instagram yang tentu saja sangat meresahkan bahkan sudah dalam tingkat yang kronis. Dengan adanya fitur ini, nantinya postingan foto atau video yang terindikasi berisi hoaks akan ditandai dan diburamkan oleh pihak Facebook.

Dengan diburamkanya postingan tersebut, kamu akan diberi sebuah pop up, bertuliskan “she why” untuk mengetahui alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi pada postingan tersebut ditandai sebagai hoaks.

Facebook juga mengatakan, jika mereka akan terus mengurangi kemampuan dan mengawasi jika sebuah halaman, akun atau domain yang beredar di Facebook dan Instagram tersebut terindikasi sering menyebarkan informasi hoaks.

“Dan di Facebook, jika Halaman, domain, atau Grup berulang kali berbagi informasi yang salah, kami akan terus mengurangi distribusinya secara keseluruhan dan kami akan membatasi kemampuan Halaman untuk beriklan dan memonetisasi”.

Facebook juga mengatakan jika mereka akan bekerjasama dengan pihak ketiga yang bertugas untuk mengechek sebuah informasi, baik itu foto, postingan, atau video yang ada di facebook untuk ditelusuri kebenaranya.

Tak hanya sekedar melabeli saja, bagi orang yang tetap nekat untuk membagikan hal tersebut, Facebook akan mencegat untuk membagikan informasi tersebut ke platform lain, dan mereka akan mendapatkan sebuah pop up yang menginformasikan jika yang akan mereka share adalah sebuah hoaks.

 

Sumber : Facebook Newsroom


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

Rizki Arif Priyanto Nugroho

Written by Rizki Arif Priyanto Nugroho

Seseorang yang mencoba untuk mengamati tentang perkembangan teknologi dan pecinta ponsel pintar berbasis Android, for more information contact : [email protected]