Facebook Jadi Penyebab Tinder, Spotify dkk Tumbang di iPhone

in ,

Layanan streaming musik spotify dan aplikasi kencan Tinder dilaporkan tumbang dan tidak bisa diakses pada Jumat, (10/7/2020) malam waktu Indonesia. Para pengguna iPhone mengeluh ketika mereka mencoba untuk membuka aplikasi tersebut yang terjadi adalah crash.

Menurut laporan Downdetector, hingga pukul 18.40 WIB terdapat 12.709 laporan tekait tumbangnya salah satu aplikasi layanan streaming musik terpopuler di dunia ini.

Selain berimbas terhadap Tinder dan Spotify, Pinterest, salah satu aplikasi populer ini juga dilaporkan tumbang dan sempat tak bisa digunakan pada perangkat dengan basis iOS.

Baru-baru ini, Facebook ungkap penyebab mengapa aplikasi-aplikasi diatas tumbang sehingga sempat tidak bisa diakses. Penyebabya adalah pada software development kit(SDK) milik Facebook.

Seperti yang kita tahu, jika kebanyakan aplikasi populer seperti Spotify, Tinder dkk memang menyediakan sebuah opsi login menggunakan Facebook. Dengan begitu, pengguna bisa mengintegrasikan data dari Facebook ke aplikasi lain tanpa perlu menekan tombol “sign-up” atau mendaftarnya.

“Baru-baru ini, terjadi perubahan kode yang memicu crash untuk beberapa aplikasi iOS yang menggunakan SDK Facebook,” kata juru bicara Facebook dikutip dari The Verge, Sabtu (11/7/2020).

Namun, Facebook juga menegaskan jika saat ini masalah crash tersebut sudah bisa diatasi dan mereka juga memohon maaf atas masalah tersebut.

“Kami mengidentifikasi masalah dengan cepat dan telah menyelesaikannya. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi,” imbuh juru bicara Facebook.

Ternyata, ini buka kali pertama SDK Facebook mengalami gangguan, kejadian serupa juga pernah terjadi pada 6 Mei lalu.

 

Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

For tech news, tech review, and press release, please contact me at: [email protected]

 

Rizki

Written by Rizki

Seseorang yang mencoba untuk mengamati tentang perkembangan teknologi dan pecinta ponsel pintar berbasis Android, for more information contact : [email protected]