Facebook Luncurkan Portal Go dan Portal Plus

Facebook Portal Go Plus 1

Baru-baru ini, Facebook resmi luncurkan Portal Go dan Portal Plus untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat milenial yang berhubungan dengan internet. Seperti yang dilansir dari laman Facebook Portal, Portal Go dan Portal Plus merupakan perangkat smart display untuk kebutuhan online meeting.

Lebih Dari Sekedar Smart Display

Facebook Portal memang bukan yang pertama menghadirkan smart display untuk kebutuhan video call ini. Sebelumnya, Amazon Echo Show ternyata juga menawarkan fitur yang kurang lebih sama dengan smart display dari Facebook ini. Namun, terdapat beberapa pembeda yang memisahkan anatara Amazon Echo Show dengan Facebook Portal ini.

Alih-alih menggunakan “Hey Alexa”, Facebook Portal menggunakan digital assistant-nya sendiri yang dapat dipanggil melalui “Hey Portal.” Selain itu, Facebook Portal juga memberikan fitur mendasar layaknya ponsel yang dapat digunakan untuk memeriksa cuaca, waktu, dan melakukan panggilan.

‘Portal’ yang merupakan asisten digital besutan Facebook ini menawarkan fungsi yang dibuat sedemikian rupa layaknya ‘Alexa’. Facebook Portal juga memberi akses kepada para penggunanya untuk memiliki kontrol penuh terhadap smart home devices yang dimiliki selama terhubung dengan akun Amazon pengguna.

Selain itu, smart display dari Facebook ini juga mampu menampilkan foto favorit dari Facebook atau Instagram para penggunanya. Hal ini agaknya yang juga menjadi perbedaan perangkat satu ini dengan kompetitornya. Dukungan aplikasi yang umum digunakan seperti Zoom dan Spotify pun sudah kompatibel dengan Portal.

Alternatif Untuk Work From Home

Hingga saat ini, melakukan kegiatan mulai dari pembelajaran, bahkan bekerja masih dilakukan secara daring di rumah. Dengan kebutuhan yang berbeda-beda, Facebook Portal hadir untuk menjawab kebutuhan pengguna yang membutuhkan fungsi lebih tersebut.

Dukungan aplikasi seperti Microsoft Teams juga dapat dijalankan melalui perangkat yang berukuran mungil layaknya tablet ini.

Berbicara spesifikasi, Facebook Portal hadir dengan layar sebesar 10” dengan resolusi 1200×800, dan dibekali dengan kamera sebesar 12MP. Sedangkan Portal Plus menawarkan layar sebesar 14” dengan resolusi 2160×1440, dan kamera sebesar 12MP. Kedua smart display ini cukup menarik untuk dipertimbangkan sebagai alternatif.

Bedanya, kedua perangkat ini menawarkan keamanan privasi yang telah ditingkatkan untuk melindungi informasi penggunanya. Mikrofon dan kamera dapat dinonaktifkan sementara untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan. Hal ini agaknya menjadi fokus dari Facebook kini mulai mengedepankan privasi pengguna, setidaknya untuk saat ini.

Mengenai harga yang ditawarkan, Facebook Portal Go dibanderol 2,8 Jutaan, dan Portal Plus dibanderol 4,9 Jutaan yang harganya bisa dilihat di sini. Sebagai alternatif untuk work from home yang telah mendukung Microsoft Teams, perangkat satu ini bisa dipertimbangkan.

Menurut brott semua, kira-kira bakal booming gak sih perangkat baru buatan dari Facebook ini? Mengingat dengan rentang harga tersebut, kita sudah bisa mendapatkan smartphone atau tablet untuk fungsi yang sama.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version