Facebook Rugi $13,72 Miliar di Tahun 2022!

Facebook Rugi

Meskipun induk perusahaan Facebook yaitu Meta menembus keuntungan mereka pada tahun 2022, namun ternyata salah satu divisi dari perusaan Facebook rugi besar. Divisi tersebut adalah divisi VR.

Dengan naiknya harga saham Meta beberapa waktu lalu, namun tidak semua divisinya berjalan dengan lancar. Divisi VR yang diberi nama Reality Labs tersebut mengembangankan game Metaverse dari Meta.

Metaverse Facebook Rugi Besar?

Facebook rugi akibat Horizon World

Namun sepertinya divisi tersebut tidak memiliki berita baik belakangan ini. Beberapa hari lalu Meta mengumumkan bahwa mereka telah kehilangan 4 Miliar US Dollar dalam pengembangan metaverse pada kuartal terakhir 2022.

Dengan kerugian tersebut, Facebook telah kehilangan total lebih dari 13 Miliar US Dollar dalam tahun 2022. Kerugian tersebut akibat usaha pengembangan metaverse yang dinilai gagal. Meskipun Facebook rugi besar, perusahaan ini menghasilkan keuntungan 32,1 Miliar US Dollar dari seluruh departemen dan aplikasi yang dimiliki.

Menurut laporan dari Decrypt.co, Reality Labs sendiri hanya menghasilkan keuntungan 727 juta US Dollar pada penutup tahun 2022. Hal itu tentunya merupakan hal buruk dibanding dengan miliaran dana yang digunakan untuk mengembangkan divisi tersebut pada tahun 2022.

Dan hal yang lebih mengejutkan lagi, keuntungan tersebut turun 17% dari keuntungan Reality Labs pada periode yang sama di tahun 2021. Sepertinya divisi Metaverse milik Zuckerberg ini tidak baik – baik saja.

Metaverse yang dikembangkan yaitu Horizon Worlds sendiri juga dapat dikategorikan sebagai sebuah kegagalan. Hal ini dikarenakan sepinya dunia yang ada pada metaverse tersebut dan jarangannya pemain memainkannya.

Karena rendahnya peminat, bahkan pihak Meta sendiri mengirimkan pesan kepada para karyawan perusahaan tersebut untuk memainkannya. Para pegawai pun tidak nyaman menggunakan Metaverse tersebut karena banyak bug serta permasalahan lainnya.

Pada November 2022 lalu juga perusahaan ini merumahkan 11 ribu pegawainya dengan alasan pandemi yang mengakibatkan penurunan ekonomi dan meningkatnya persaingan. Meskipun begitu, pihak Meta tidak mengumumkan berapa biaya yang telah dikeluarkan untuk mengembangan VR dan juga metaverse.

Dengan berbagai macam permasalahan pada divisi VR perusaan Facebook ini, sepertinya umur Horizon Worlds sudah tidak lama lagi. Untuk sekarang, hal yang dinilai cukup baik dari divisi ini adalah Oculus Quest 2 yang menjadi alternatif headset VR.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Android atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version