7 Fakta Bstation, Platform Nonton Anime Gratis dan Paling Ramai Diakses

Fakta Bstation

Menonton anime menjadi salah satu hobi yang paling ramai belakangan ini. Dia mampu menjadi pelepas stress dan pengisi waktu luang dengan beragam judul serta genre yang semakin ramai hadir untuk disaksikan.

Dan anime-anime ini bisa disaksikan dari berbagai platform yang salah satunya adalah Bstation. Kali ini, mari kita kupas fakta-fakta menarik Bstation sebagai platform nonton anime yang paling ramai diakses belakangan ini!

Fakta Bstation yang Harus Kalian Ketahui

Fakta Bstation, Situs Nonton Anime yang Paling Ramai Diakses

Inilah beberapa fakta Bstation yang perlu kamu ketahui!

1. Apa Itu Bstation?

BStation adalah sebuah website video sharing berbasis di China. Bstation sendiri menyebut diri mereka sebagai “penggemar berat anime” sebab dia menyajikan koleksi anime terluas dan terbesar di Asia Tenggara; dari yang klasik sampai ke yang paling baru.

Biar gampang dimengerti, BStation ini adalah YouTube-nya si Tiongkok. Selain anime, dia sendiri menjadi host video dengan berbagai tema seperti anime, musik, dance, saintek, film, drama, dan lain sebagainya.

Yang membuat dirinya unik adalah penggunanya dapat melihat, mengirim, dan menambahkan komentar yang di-overlay ke video yang tengah ditonton.

2. “Bilibili” Adalah Nama Aslinya

Mengadopsi nama dari protagonis anime

Nama BStation merupakan sebutannya di Indonesia, sementara di negeri kampung halamannya sendiri dipanggil dengan Bilibili. Dan nama ini diadopsi dari nama seorang protagonis anime A Certain Scientific Railgun, Mikoto Misaka.

Lucunya pula, Bilibili merayakan ulang tahun Misaka di setiap tanggal 2 Mei.

3. Sudah Ada Sejak 2010

Sudah ada sejak tahun 2010

Bilibili didirikan oleh Xu Yi pada 2009 yang mana saat itu ia terinspirasi dari Nico Nico Douga dan AcFun. Dia sendiri merupakan seorang user AcFun dan ingin membuat website yang lebih baik daripada AcFun.

Xu Yi menghabiskan waktu selama tiga hari untuk membuat prototype website impiannya. Dulu, website buatan Xu Yi ini masih bernama Mikufans.cn sebagai wadah untuk komunitas fandom Hatsune Miku. Seiring berjalannya waktu, website tersebut kemudian dikhususkan untuk sharing video yang kemudian diluncurkan pada 14 Januari 2010 dengan nama Bilibili.

4. Juga Memiliki Fitur Membership

Fitur membership-nya ga main-main!

Meskipun ada beberapa anime di Bilibili yang bisa ditonton secara anonim, namun kebanyakan videonya berada di bawah sistem Chengbao, yang artinya kalian harus memiliki akun membership terlebih dahulu untuk dapat mengaksesnya. Selain untuk mengakses video tertentu, membership juga diperlukan untuk mengirimkan video atau komentar. 

Namun, Bilibili membatasi membershipnya agar mampu menyeimbangkan antara kualitas pengguna dengan moderasinya. Pada tahun 2013, invitation code diberikan kepada pengguna yang rajin mengakses situs dan si pendaftar ini harus menjawab 100 soal terlebih daulu untuk menjadi member premiumnya. Dan pertanyaan tersebut tak jauh dari Anime, Komik, dan Game.

Di tahun 2015, jumlah pertanyaannya dikurangi menjadi 50 dengan 20 pertanyaan meliputi etika memberi komentar di internet. Lalu, di tahun 2017, Bilibili kembali dengan 100 pertanyaan dengan syarat kelulusan 60.

5. Fitur Langganan

Bisa nonton episode lanjutan jadi lebih cepat

Pada tahun 2016, Bilibili hadirkan layanan premium membership supscription di situsnya dengan biaya sekitar Rp. 30.000-an per bulan. Anggota premium nantinya bisa mendapat akses ke video dengan resolusi tinggi dan dapat mengakses lebih cepat ke video tertentu, selain itu ada juga diskon untuk game punya Bilibili.

Jadi, semisalkan kamu sebagai anggota premium bisa mengakses video seminggu lebih cepat daripada anggota reguler biasa.

6. Punya Aturan bernama “Komite Disiplin”

Tetap harus disiplin ya!

Bilibili juga punya keamanan agar website-nya bisa diakses dengan lebih nyaman oleh seluruh user. Dimana sistem pemblokiran akun demi konten dan pengguna situs lebih teratur. Jadi, komentar ofensif dapat dihapus dan akunnya akan dihukum; entah ditangguhkan atau dihapus permanen.

Dan pada Juni 2017, Bstation punya komite disiplin yang para anggotanya memungkinkan untuk mengadili laporan pelanggaran di beberapa komunitas dan memutuskan apakah perilaku tersebut ilegal dan dapat memilih hukumannya pula.

7. Koleksi Animenya Legal

Telah berlisensi dengan beberapa studio anime terkenal

Sering timbul pertanyaan, apakah anime di Bstation legal? Jawabannya adalah tidak semua. Bstation memiliki lisensi resmi untuk menayangkan anime dari berbagai studio besar. Jadi, buat para wibu gak perlu cemas untuk menonton anime di sini.

Akan tetapi, ada juga beberapa anime yang ditemukan ilegal. Mengingat situs ini juga memungkinkan penggunanya untuk upload video, maka ada kemungkinan kalian akan menemukan anime yang tidak berlisensi (tidak diupload langsung oleh Bstation, tapi dari penggunanya).

Cara membedakannya cukup mudah, apabila kamu menonton video yang ada nama pengunggah (uploader), berarti anime tersebut tidak legal. Segampang itu, adik-adik.

Itulah 7 fakta Bstation sebagai platform nonton anime terluas dan yang paling ramai diakses oleh para pecinta anime. Adakah fakta menarik Bstation lainnya yang kamu ketahui, brott? Bagikan di kolom komentar, ya!


Baca juga informasi menarik Gamebrott terkait Berita Game atau artikel lainnya dari Sofie Diana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version