Fakta! FPS Ternyata Sangat Berpengaruh Terhadap Recoil & Damage Senjata Di PUBG

in , , , ,

Selain memberikan pengalaman berperang yang seru, game Playerunknown’s Battleground (PUBG) juga menambahkan aspek semi-realistik gunplay pada seluruh senjata yang ada di dalam game. Namun seiring berjalannya waktu, hal-hal tersebut bukanlah menjadi masalah karena baru-baru ini seorang player PUBG menemukan masalah yang sangat mencolok dimana frame-rate (FPS) ternyata sangat berpengaruh terhadap recoil senjata, yang berarti dapat mempengaruhi damage per second (DPS) dari setiap projektil peluru yang dikeluarkan.

Seorang Youtuber PUBG bernama WackyJacky101 baru saja mengupload sebuah video yang menganalisa masalah tersebut. Di dalam videonya tersebut, dia menemukan bahwa semakin rendah frame-rate (FPS) game-mu, maka akan semakin rendah pula efek vertical recoil yang ditimbulkan.

Satu dari sekian percobaan WackyJacky101, dia menemukan bahwa pada 30 FPS yang mana menjadi FPS toleransi minimal yang bisa dijalankan oleh PUBG, recoil menjadi jauh lebih mudah untuk dikendalikan hampir di semua jenis senjata. Hal ini juga berlaku pada senjata-senjata yang memiliki fire-rate yang cukup tinggi, meski tidak sebanyak dengan senjata yang ber-fire rate lebih rendah.

Dia juga menambahkan bahwa frame-rate (FPS) sangat berpengaruh terhadap fire-rate, artinya memiliki FPS rendah akan membatasi seberapa cepat senjatamu dapat ditembakkan. Aspek ini akan berpengaruh kepada senjata seperti M416 menjadi jauh lebih akurat dengan FPS yang lebih rendah. WackyJacky101 juga percaya hal tersebut disebabkan oleh bagaimana PUBG memperhitungkan recoil, yang mana dapat memicu setiap tembakan peluru yang dilesatkan daripada harus mengikuti pattern yang ada.

Sementara senjata yang memiliki fire-rate yang tinggi dapat menjadi lebih akurat di low FPS, ternyata juga tidak sepenuhnya menjadi berita baik karena masih mengurangi damage total keseluruhan dari seluruh megazine yang kamu miliki dalam sekali reload.

Untuk pemain yang memiliki framerate yang berfluktuasi tinggi, senjata mereka justru akan berperilaku sangat berbeda, membuatnya lebih sulit untuk dikendalikan.

Mengetahui postingan dari WackyJacky101, seorang pengguna game’s competitive subreddit, MutuTuTu, kemudian mengupas jauh lebih dalam masalah tersebut dapat menyimpulkan frame-rate paling “ideal” untuk setiap senjata yang ada di PUBG berdasarkan fare-rate masing-masing agar dapat memaksimalkan performanya.

Berdasarkan penemuan dari user Reddit tersebut juga, semua itu bergantung dari seberapa banyak peluru yang bisa dikeluarkan dari setiap senjata tersebut dalam satu detik. Seperti contoh pada percobaan Wacky, AK-47 yang dapat mengeluarkan 10 dalam sedetik terlihat sangat sinkron saat berada di 30 dan 60 FPS. Dari sini bisa kita simpulkan bahwa setiap frame akan sangat berpengaruh terhadap dampak recoil.

Berikut adalah video yang diunggah oleh WackyJacky101 berkaitan dengan penemuan dari si MutuTuTu tersebut:

Meskipun masalah seperti itu terlihat sangat mencolok dan tentunya perlu untuk diperbaiki, mungkin tidak semudah layaknya membalik telapak tangan bagi developer PUBG untuk melakukannya.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, masalah ini terkait dengan bagaimana PUBG memperhitungkan recoil. Aspek ini merupakan aspek yang sangat krusial karena merupakan sesuatu yang berpengaruh langsung ke dalam fondasi permainan dan bagaimana program-program di PUBG itu dijalankan. Memperbaiki masalah tersebut tentu akan membutuhkan banyak pekerjaan, dan bahkan kemungkinan dapat mengakibatkan lebih banyak masalah seperti bug maupun eror di in-game.

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.