7 Fakta Ghost of Tsushima yang Wajib Kamu Ketahui!

Fakta Ghost Of Tsushima

Fakta Ghost of Tsushima — Siapa yang tak kenal akan game satu ini? Yup, ialah Ghost of Tsushima, game bertemakan samurai yang keren dan juga epik. Karena gameplay dan tema yang unik, game ini banyak memenangkan penghargaan. Seperti BAFTA Awards (2021) untuk kategori Best Audio Achievement, D.I.C.E Awards (2021) kategori Outstanding Achievement in Original Music Composition, Adventure Game of the Year, Outstanding Achievement in Art Direction, dan Outstanding Achievement in Audio Design, Golden Joystick Award (2021) kategori Best Game Expansion, dan lainnya.

Meski telah dirilis tahun 2020 lalu, mungkin kamu masih belum mengetahui fakta – fakta terkait game buatan Sucker Punch Productions ini. Penasaran apa saja? Berikut 7 fakta Ghost of Tsushima di bawah ini!

DISCLAIMER: Beberapa poin di artikel mengandung SPOILER!

Fakta Ghost of Tsushima Menarik yang Harus Kamu Ketahui!

Fakta mengenai Ghost of Tsushima

Ada banyak fakta menarik yang hadir dalam game Ghost of Tsushima ini. Biar nggak bingung lagi, yuk kita ulik satu – persatu!

1. Berlatarkan di Pulau Tsushima

Pulau Tsushima keren ya!

Seperti nama gamenya, Ghost of Tsushima berlatarkan di pulau Tsushima, pulau kecil yang diapit dua selat yang membatasi Jepang dan Korea Selatan. Spesifiknya, Tsushima adalah jalan bagi masyarakat yang ingin menyeberang ke dua negara tersebut.

Karena hal ini pula bangsa Mongol memanfaatkan Tsushima untuk menyerang Jepang. Nantinya, dalam game ini kalian bisa mengeksplorasi pulau Tsushima dan menuntaskan misi yang diberikan kepada Jin.

2. Invasi Mongol ke Pulau Tsushima

Mongol datang ingi

Ghost of Tsushima mengambil cerita di tahun 1274, di mana Mongol melakukan invasi alias penyerangan ke Jepang. Mongol dipimpin oleh Khotun Khan, seorang pemimpin yang dikenal licik dan juga kejam. Lewat cerita ini, Jin Sakai, sang tokoh utama bersama pamannya melawan para penjajah yang ingin mengambil alih Tsushima.

Tak sampai disitu saja, selain membasmi Mongol, Jin Sakai juga akan bertemu dengan berbagai faksi di mana kita sebagai pemain harus bisa meyakinkan mereka untuk bergabung bersama Jin.

3. Jin Sakai Disuarai Voice Actor Roronoa Zoro

Dub Jepang Jin Sakai disuarai Kazuya Nakai

Jika kalian memainkan Ghost of Tsushima/Ghost of Tsushima Director’s Cut menggunakan dub Jepang, mungkin kalian bakal tidak asing lagi dengan suara Jin Sakai.

Yup, para penikmat anime One Piece, berbahagialah! Karena Jin disuarai oleh Kazuya Nakai, pengisi suara karakter Roronoa Zoro. Dengan menjadikan Nakai sebagai pengisi suara Jin Sakai, kita bisa merasakan nuansa era samurai yang kental dalam game tersebut.

4. Game dengan Sistem Combat Terbaik di Tahun 2020

Punya sistem combat terbaik

Ghost of Tsushima didapuk sebagai game dengan sistem combat terbaik di tahun 2020 lalu. Hal ini tampak dalam acara bergengsi E3 2018 di mana Sucker Punch mempresentasikan gameplay dengan sistem combat yang keren dan epik.

Meski sistem combat dalam game tidak se-epik di acara E3 2018, game ini masih mempertahankan combat yang hadir dalam presentasi tersebut. Hal inilah yang membuat gamer (termasuk penulis) betah memainkan Ghost of Tsushima.

5. Hadirkan Sistem Open-World yang Bebas Dijelajahi

Open-world yang enak buat dijelajahi

Seperti dalam poin satu, Ghost of Tsushima menyuguhkan sistem dunia (open-world) yang cukup luas. Banyak lokasi – lokasi menarik yang bisa kamu temukan, seperti padang rumput, padang bunga, hutan, desa, pusat perdagangan hingga kuil besar.

Nah, dalam perspektif orang ketiga (third-person), kalian bebas membawa Jin Sakai ke manapun. Game ini menghadirkan dua misi, yaitu main quest dan juga side quest. Tak hanya itu, kalian juga bisa mencari shrine, fox den, bamboo strike, pemandian air panas, dan banyak lagi selama menjalankan misi.

6. Mode Kurosawa

Mode Kurosawa ala film klasik 90-an

Pada game Ghost of Tsushima, terdapat sebuah mode menarik bernama mode Kurosawa. Mode ini dibuat oleh Sucker ketika mereka telah mendapatkan izin resmi oleh Kurosawa estate, dan mode ini akan mengingatkanmu dengan film ala tahun 90-an.

Ini dikarenakan mode ini menghadirkan nuansa hitam dan putih. Mode ini diperuntukkan bagi kalian yang ingin bermain game sekaligus menonton film samurai klasik ala 90-an.

7. Dirumorkan Bakal Tuju PC

Sempat dirumorkan tuju PC

Pada tahun 2021 lalu, kalangan gamer sempat dihebohkan bahwa Ghost of Tsushima akan tuju PC. Hal ini menjadi bahan perbincangan panas lantaran banyak beberapa judul game eksklusif Playstation hadir ke dalam perangkat PC.

Dari beberapa judul game, Ghost of Tsushima ternyata masuk dalam list dan dikabarkan akan rilis di Februari 2022. Ini cukup disambut antusias para gamer yang belum pernah mencicipi gamenya. Namun, belum ada pernyataan resmi baik dari Sucker Punch maupun Sony terkait hal tersebut hingga saat ini.

Nah, itulah dia 7 fakta Ghost of Tsushima yang bisa jadi referensi untukmu yang belum atau sudah memainkan gamenya! Jangan lupa untuk selalu up-to-date seputar berita video game dan teknologi hanya di Gamebrott! Adios~


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Ghost of Tsushima atau artikel lainnya dari Nadia Haudina. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version