7 Fakta God of War Menarik yang Perlu Kalian Ketahui di Tahun 2022!

Fakta God Of War Menarik

Fakta God of War Menarik — Pada tahun 2005 lalu, SIE Santa Monica resmi merilis game God of War, dan secara mengejutkan menjadi salah satu game ikonik yang langsung populer dan Kratos menjadi karakter ikonik di kancah dunia video game. Selain itu, God of War juga mendapat kesuksesan luar biasa dan menjadi tonggak sejarah untuk game eksklusif Playstation.

Seperti pada game – game lain, ternyata game ini juga memiliki beragam fakta menarik, khususnya buat para gamer yang ngefans maupun yang ingin memulai game God of War. Berikut kami bagikan 7 fakta God of War menarik yang perlu kalian ketahui di tahun 2022 ini!

Fakta God of War Menarik yang Perlu Kalian Ketahui

Fakta GoW yang wajib kalian ketahui!

Ada banyak sekali fakta menarik terkait game SIE Santa Monica ini. Mulai dari pembuatan game, konsep awal, bahkan inspirasi terciptanya game pun ada disini. Biar tidak penasaran lagi, berikut fakta – faktanya di bawah ini.

1. Awalnya Terinspirasi Clash of The Titans dan Onimusha

Clash of the Titans dan Onimusha jadi inspirasi utama GoW

Clash of the Titans merupakan sebuah film fantasi di awal tahun 80-an yang menceritakan kisah salah satu tokoh dalam mitologi Yunani Kuno, yakni Perseus. Nah, David Jaffe selaku designer game GoW sendiri mengatakan bahwa ia mengambil inspirasi dari film tersebut baik dari mitologi, monster, maupun dewa dan dewi Yunani-nya. Jadi, tak heran jika kritikus film seringkali membandingkan dan memiripkan game ini dengan Clash of the Titans.

Sedangkan Onimusha merupakan game besutan Capcom yang mirip dengan Resident Evil. Berbeda dengan RE, Onimusha mengambil tema di era Sengoku, di mana melibatkan bermacam – macam mitos Jepang dan pemain akan berperan sebagai ninja pembunuh setan. David Jaffe selaku game designer God of War, rupanya juga ingin membuat game mirip namun mengambil tema mitologi Yunani kuno. GoW pun akhirnya dibuat namun desain dan lainnya tidaklah mirip dengan Onimusha.

2. Kratos Awalnya Didesain dengan Tato Berwarna Biru

Konsep awal tato Kratos

Para gamer tentu telah mengetahui bahwa tato merah adalah seni ikonik yang diterapkan dalam tubuh Kratos. Namun, tahukah kalian bahwa di awal pembuatan game, konsep tato Kratos tersebut ditetapkan menjadi berwarna biru. Alasan warna biru menurut David Jaffe dikarenakan Kratos menjadi terlalu “Roma” dan tidak merepresentasikan Yunani nantinya. Selain itu, biru juga membuat karakter Kratos jadi tidak terlalu sadis karena merah terlalu mendekati dengan warna darah.

Namun, di akhir pengembangan game, Jaffe akhirnya memutuskan mengganti warna tato Kratos dengan warna merah. Ini dikarenakan Kratos terlalu mirip dengan salah satu karakter dalam game Diablo 2.

3. Banyaknya Perubahan Konsep dalam Pembuatan Game

Konsep perubahan karakter Kratos

Selain tato, fakta God of War menarik lainnya adalah karakter Kratos dalam awal pembuatan game banyak sekali mengalami perubahan. Salah satu diantara konsep tersebut menampilkan Kratos dengan tampilan seperti peri, dan salah satunya juga tampak seperti biarawan. Setelah membuat banyak konsep, akhirnya dipilihlah karakter Kratos dengan kepala plontos, berwajah sangar nan galak, bertato merah, dan rantai di kedua lengannya.

4. Yakin akan Menjadi Game Andalan

Yakin bakal jadi game andalan

Dalam pembuatan game GoW, David Jaffe percaya bahwa game ini akan menjadi game terpopuler di dunia. Keyakinannya itu membuat Jaffe selalu jadikan game – game buatan Capcom atau Konami sebagai motivasi untuk mengembangkan GoW. Selain itu, ia merasa game aksi kebarat – baratan terasa kaku dan mainstream, oleh karena itulah game asal negeri Sakura jadi inspirasi utamanya. Benar saja, GoW langsung naik daun saat dirilis dan jadi game aksi terbaik sepanjang sejarah.

5. Tiap Tanggal Perilisan Memiliki Arti Tersendiri

Tanggal perilisannya punya arti tersendiri

Dari awal perilisan seri pertama dan sekuel – sekuelnya, SIE Santa Monica selalu merilis gamenya setiap bulan Maret. Ini dikarenakan Maret berkaitan dengan Ares sang dewa perang di mitologi Yunani kuno. Sedangkan di mitologi Romawi, Ares dikenal dengan Mars dan bulan Maret merupakan inspirasi dari Mars tersebut. Hal inilah yang membuat hampir sebagian game GoW rilis di bulan Maret. Namun, berbeda dengan seri lainnya, seri keempat telah rilis bulan April 2018 lalu, dan seri kelimanya akan rilis pada bulan November nanti.

6. Mengangkat Era Mitologi Yunani Kuno

Awal rilis mengangkat era mitologi Yunani kuno

Game God of War sangatlah identik dengan era mitologi Yunani kuno. Seri – seri yang mengangkat era mitologi satu ini diantaranya adalah God of War (PS2, 2005), God of War II (PS2, 2007), God of War: Betrayal (mobile dengan Java ME, 2007), God of War: Chains of Olympus (PSP, 2008), God of War III (PS3, 2010), God of War: Ghost of Sparta (PSP, 2010), dan God of War: Ascension (PS3, 2013).

7. Seri Selanjutnya Mengangkat Era Norwedia

Mitologi Norwedia jadi tema utama seri selanjutnya

Dan fakta menarik game GoW yang terakhir sekaligus menjadi tema utama kali ini yaitu mengangkat mitologi era Norwedia. Era ini dimulai dari God of War 2018, di mana Kratos menjadi pria tua dan “orang biasa” yang mempunyai anak bernama Atreus. Tak hanya pada mitologi, segi gameplay dan grafis juga bawakan hal yang baru dalm seri game ini. Era inipun nantinya juga akan dibawa kembali ke dalam sekuel terbarunya, God of War Ragnarok.

Oke, itulah dia 7 fakta GoW menarik yang wajib kalian ketahui di tahun 2022 ini! Nantikan selalu berita ter-up-to-date seputar video game dan teknologi terbaru hanya di Gamebrott, ya! Adios~


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait God of War atau artikel lainnya dari Nadia Haudina. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version