8 Fakta Menarik Starfield yang Sudah Diketahui Saat Ini

8 Fakta Menarik Starfield Yang Sudah Diketahui Saat Ini

Fakta Menarik Starfield – Sepak terjang Bethesda dalam merilis game-game RPG mereka, bisa dikatakan sangat membekas di hati para gamer, sebut saja Fallout yang sukses mempresentasikan dunia post-apocalypse dari ledakan nuklir dengan makhluk-makhluk serta dunianya yang sangat menggambarkan keadaaan tersebut, atau Elder Scrolls yang sangat sesuai dengan tema medieval-fantasy, dan lainnya.

Untuk itulah, dengan diumumkannya Starfield di tahun 2018 lalu, tentu saja menaikkan hype para gamer dalam menunggu satu lagi game RPG yang mungkin bisa menyamai atau malah melampaui seri game RPG sebelumnya, seperti Fallout atau The Elder Scrolls sekalipun.

Fakta Menarik Starfield, Game Ambisius dari Microsoft Saat Ini

Starfield

Tentunya setelah melihat segala berita dan janji yang diberikan oleh Bethesda selaku developer dari game ini, tidak berlebihan rasanya untuk mengatakan bahwa game ini sudah menjadi salah satu game yang paling ditunggu oleh para gamer. Dan berhubung game ini sudah di-develop selama kurang lebih 5 tahun, tentunya terdapat beberapa fakta menarik dari game ini yang sudah kami rangkum kedalam 8 poin, apa saja itu? Let’s check it out!

1. Dikerjakan oleh Todd Howard, salah satu master-nya Game RPG Barat

Todd Howard

Bagi para gamer yang sudah lama memainkan game RPG, terutama game-game RPG buatan Bethesda, tentu sudah tidak asing dengan nama Todd Howard. Todd sendiri merupakan produser yang mengepalai beberapa game populer dari Bethesda, seperti Fallout dan The Elder Scrolls menjadi judul yang sangat populer di kalangan gamers.

Dengan melihat Todd sebagai kepala produser dari game ini, tentunya tidak heran apabila banyak yang berekspetasi tinggi untuk kualitas game Starfield kedepannya karena sepak terjang dari Todd sudah cukup terbukti bahwa kualitas game-gamenya cukup tinggi dan memorable.

2. ‘Dikerjakan’ selama 25 tahun

25 Tahun ???

Saat mendengar Xbox dan Bethesda showcase di bulan Juni 2023, kalian pasti mengetahui bahwa Todd mengatakan game Starfield ini sudah dikerjakan selama 25 tahun. Tentu saja hal itu cukup mengagetkan bagi para penonton dan penulis saat itu, karena cukup tidak mungkin game ini terus menerus di-develop tanpa ada pemberitahuan sama sekali dan tentunya mereka harus terus menerus mengikuti teknologi pengembangannya, dan itu akan memberikan biaya pengembangan yang sangat membengkak.

Ternyata oh ternyata, yang dimaksud dengan dikerjakan selama 25 tahun adalah kelahiran franchise ini, dimana selama hampir 25 tahun tidak ada franchise RPG baru yang berasal dari Bethesda, sampai akhirnya Starfield hadir sebagai judul baru yang mungkin akan menjadi ‘andalan’ Bethesda selain The Elder Scrolls dan Fallout.

3. Opsi pembuatan karakter yang lebih mendalam dan bervariasi

Sistem RPG Starfield

Salah satu hal yang harus tersedia di dalam sebuah game RPG, tentunya adalah kreasi karakter atau fitur pembuatan karakter yang sesuai dengan keinginan kita. Dan untungnya di game Starfield, fitur ini semakin diperluas oleh Bethesda yang akan semakin memfasilitasi sebagian besar gamer yang menghabiskan banyak waktu hanya untuk membuat sebuah karakter yang sesuai dengan seleranya.

Salah dua contoh yang bisa penulis dapatkan dari presentasi Starfield Direct saat itu, ternyata kalian bisa mengatur cara berjalan karakter kalian yang dibagi menjadi 2 tipe. Belum lagi kalian ternyata bisa mengatur gigi karakter yang sayangnya belum dikasih lihat bagaimana perubahan yang terjadi.

Belum lagi fitur background atau biasa disebut class di beberapa game RPG yang akan menentukan skillset bawaan kalian sesuai dengan gaya bermain kalian selama memainkan game ini. Uniknya, nantinya ada beberapa momen kalian bisa berbicara dengan NPC dan mendapatkan benefit lebih saat mengambil misi yang sesuai dengan background karakter kalian, misalnya kalian bisa mendapatkan bayaran 2x di satu misi yang memerlukan background Beast Hunter.

Uuuu more moneyyy~~~~

4. Kustomisasi pesawat yang cukup detail

Banyak yang bisa kita ulik dari kapalnya

Sebagai game yang bertemakan luar angkasa, kurang rasanya apabila tidak menghadirkan pesawat sebagai media transportasi utama untuk menjelajah ke berbagai planet di alam semesta. Untuk itulah, Starfield juga menyediakan beberapa jenis pesawat yang dapat kita kendarai untuk berbagai tujuan, misalnya untuk berpergian, combat, atau membawa kargo ke tempat tujuan.

Woahh

Tidak hanya untuk dikendarai, kalian juga bisa melakukan upgrade ke pesawat kalian sesuai kebutuhan. Tidak tanggung-tanggung, ada sekitar 13 jenis upgrade yang bisa kalian akses, misalnya engines, cockpit, sampai ke bay, sehingga bisa dikatakan ini merupakan fitur upgrade paling lengkap yang pernah ditawarkan Bethesda dari semua game – game RPG nya.

Selain upgrade, kalian juga bisa merekrut kru pesawat untuk membantu dalam mengoperasikan pesawat kalian, yang saat ini belum diketahui apa tugas mereka secara spesifik di dalam pesawat kita, dan apakah setiap kru mempunyai keahlian tertentu di setiap pesawat.

5. 1000 Planet yang dibuat manual tanpa procedural generated

1000 Planet???

Ketika kita mendengar soal planet yang banyak di game yang bertemakan luar angkasa, beberapa dari kita mengingat game No Mans Sky yang saat itu menawarkan sekitar 18 kuintilion planet yang bisa kita jelajahi.

Namun, sistem yang diaplikasikan waktu itu adalah metode procedural generated yang berarti sebagian besar dari planet tersebut di-generate oleh algoritma komputer sesuai dengan parameter yang sudah ditentukan oleh developer-nya, sehingga beberapa planet memiliki kesamaan dengan planet lainnya atau merupakan gabungan dari persamaan beberapa planet lainnya.

Kali ini Starfield menawarkan metode yang lebih ‘tradisional’ dalam pembuatan planet, dimana setiap planet langsung didesain oleh artist-nya secara manual, sehingga seharusnya setiap planet memiliki beberapa keunikannya sendiri.

Namun yang cukup mengejutkan adalah Bethesda meng-klaim bahwa nantinya akan ada 1000 planet yang hadir di game ini untuk dapat kalian jelajahi dengan berbagai ciri khas flora, fauna, maupun bentuk geografis dari planet tersebut.

Dikatakan bahwa dalam game ini akan memiliki semacam sistem Procedural Generation. Sistem tersebut mirip seperti yang ada di game Minecraft dimana terrain atau dalam hal ini Planet di Starfield akan di generasikan secara otomatis terhadap objek-objek yang ada di dalamnya, mulai dari lokasi, bentuk bangunan, makhluk hidup, ekosistem, dan lain-lain.

Hal tersebut sudah dijelaskan pada sesi acara Starfield Direct beberapa waktu yang lalu.

6. Bernuansa ‘Nasa-Punk’

Bernuansa Nasa-Punk

Mungkin beberapa dari kalian sedikit heran dengan istilah “Nasa-Punk” yang sepertinya baru saja diperkenalkan oleh Starfield sebagai salah satu genre punk yang sudah hadir di beberapa game sebelumnya. Dimana arti dari Nasa-Punk ini adalah sebuah dunia/universe dengan kecanggihan Sci-Fi namun masih memiliki keterkaitan dengan dunia saat ini. Misalnya teknologi perjalanan ke luar angkasa yang walaupun belum bisa sejauh gamenya, tapi setidaknya hal ini dapat dilakukan sejauh planet-planet di sekitar bumi.

Menarik untuk melihat bagaimana cara Bethesda memproyeksikan dunia – dunia Sci-Fi yang canggih layaknya di masa depan, namun tidak ‘mengada – ada’ sehingga menarik untuk di eksplorasi.

7. Game yang di-klaim akan mempunyai bug paling sedikit dari game Bethesda lainnya

Paling Minim Bug

Mungkin ini merupakan fakta yang cukup unik dan sedikit lucu dimana Microsoft sudah mengonfirmasi bahwa game ini akan menjadi game besutan Microsoft yang paling minim bug. Hal ini tentunya cukup lucu karena memang game Microsoft terutama dari Bethesda sudah terkenal akan bug-nya yang cukup banyak seperti salah satunya adalah Fallout 76 saat masih di hari pertama perilisan gamenya.

Berita baiknya, ini mungkin menjadi pertanda bahwa game ini akan di-develop secara penuh dan di-polish oleh pihak developer agar semua bug yang menganggu dapat diselesaikan.

8. Dirilis eksklusif untuk Xbox dan PC, serta hadir day one di Game Pass

Day One Game Pass

Fakta terakhir ini merupakan fakta yang cukup tidak enak bagi gamer Playstation yang sudah menunggu game ini sejak lama, karena sudah dikonfirmasi bahwa game ini hanya akan tersedia untuk konsol Xbox dan platform PC saja. Selain itu, Starfield sudah dikonfirmasi bahwa akan hadir day one di Game Pass, sehingga berbahagialah kalian yang sudah berlangganan Game Pass baik di PC maupun Xbox, karena sudah dapat memainkannya di hari perilisan gamenya.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita GameStarfield, atau artikel lainnya dari Khrisnanda. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version