8 Fakta Menarik The Sims 4 yang Perlu Kalian Ketahui di Tahun 2022!

The Sims 4 fakta

8 Fakta Menarik The Sims 4 yang Perlu Kalian Ketahui di Tahun 2022!

Fakta Menarik The Sims 4 – Berbicara soal game life-simulation, franchise The Sims garapan Maxis ini sudah menjadi favorit para gamers di seluruh dunia. Game ini mengizinkan pemain untuk membangun kehidupan virtualnya.

Mulai dari membuat karakter, membangun rumah, bahkan mengatur hidup mereka melalui layar kaca. The Sims 4 sendiri sudah banyak mengalami perkembangan yang signifikan dibandingkan pendahulunya.

8 Fakta Menarik The Sims 4

The Sims 4 merupakan judul ke-4 dari franchise The Sims. Sama seperti sebelumnya, game ini berfokus pada penciptaan karakter bahkan mengatur kehidupan orang – orang virtual di dalam gamenya.

Ia hadir dengan berbagai macam DLC dan expansion pack yang tentunya membuat gameplay menjadi jauh lebih menarik. Di bawah ini adalah fakta menarik The Sims 4 yang wajib kalian ketahui. Tak hanya The Sims 4, namun juga meliputi game The Sims yang lain, lho!

1. Will Wright, Otak Dibalik Seluruh Franchise The Sims

Diciptakan oleh Will Wright saat ingin membangun ulang rumahnya yang terbakar

The Sims adalah salah satu dari banyaknya game yang terinspirasi dari hal yang tak biasa. Pada tahun 1991, kebakaran terjadi di Oakland Hills yang membakar rumah Will Wright saat itu.

Saat ia bepikir untuk membangun ulang rumahnya, ia mendapat ide untuk membuat game dari ide yang sama. Maka dari itu, pemain juga memiliki opsi untuk membangun dan mendesain rumahnya sendiri.

Pengembangan game The Sims pertama kali memakan waktu selama bertahun – tahun. Namun, sampai saat ini Wright masih tidak percaya bahwa musibah kebakaran yang menimpa dirinya bisa menjadi buah kesuksesan yang besar untuknya.

2. Dimulai Dengan SimCity

SimCity tahun 1989. Jadul banget ya, brott!

Meskipun resmi rilis pertama kali pada tahun 2000, franchise ini sebenarnya jauh lebih tua, lho. Karir game The Sims sebenarnya dimulai pertama kali pada tahun 1989 dengan diluncurkannya SimCity. Di beberapa tempat, game ini juga dirilis dengan nama “Micropolis” dan “SimCity Classic“. Gameplay-nya berputar di mengatur struktur kota urban dan tatanan perkotaan lainnya.

Dikembangkan secata mandiri oleh Will Wright pada 1985. Dalam wawancara tahun 2014 pada sebuah blog bernama Reform, Wright selaku ‘otak‘ dari adanya franchise The Sims mengatakan tujuan diciptakannya SimCity.

“Pemain diminta untuk duduk dan langsung memilih tujuan mereka. Pertama – tama, mereka harus tahu nilai apa yang ingin mereka bangun dan kota seperti apa yang mereka ingin ciptakan.”

Maka, tidak heran jika kamu melihat karakter Sim kamu memainkan game ini di PC mereka.

3. Toilet Duduk Merupakan Sample Pertama

Kyaaa! Maluuw!

Fakta The Sims selanjutnya meliputi prototype atau gambaran awal game ini. Hal pertama yang diperkenalkan Will Wright dalam prototype The Sims tahun 1993 adalah toilet duduk. Memang benar, di game ini, karakter kita bisa menggunakan toilet duduk untuk berbagai hal.

Main game (sambil ‘duduk‘), baca koran atau majalah (sambil ‘duduk‘), bahkan di The Sims 4 bisa makan juga (sambil ‘duduk‘). Kembali di prototype The Sims 1993, Will Wright juga memperlihatkan bagaimana karakter membersihkan toiletnya.

Karena hal ini, banyak studio yang awalnya menyebut game ini sebagai “Toilet Game“.

4. Salah Satu Video Game yang Laris

Game terlaris per Desember 2021, mengalahkan Final Fantasy

Dengan 4 judul besat serta 5 spin-off, juga 7 versi konsol, The Sims sudah meraup sebanyak lebih dari 200 juta copy di seluruh dunia. Menjadikannya sebagai game life-simulation terlaris yang pernah ada.

Merujuk dari data yang dibuat oleh Statista, The Sims terus masuk ke dalam 8 besar video game terlaris per Desember 2021. 200 Juta penjualan ini sama dengan franchise video game LEGO. Bahkan ia mengalahkan Final Fantasy yang saat ini berdiri di angka 164 Juta.

5. Prancis Pernah Membuat Perangko Bertema The Sims

Perangko The Sims yang Diluncurkan La Poste, Prancis

Game The Sims memberikan dampat kultural yang luar biasa, sampai negara Prancis merilis perangko eksklusif The Sims pada tahun 2005. Dirilis oleh layanan pos Prancis “La Poste“, dikabarkan hanya ada 3 juta copy saja. Menjadikannya sebagai perangko dengan edisi terbatas.

The Sims merupakan satu dari 10 video game yang dipilih La Poste untuk melengkapi koleksi perangko “Heroes of Video Games“. Perangko tersebut bergambar dua Sim yang sedang memeluk kristal hijau yang akrab disebut “The Plumbob“.

6. Pernah Merencanakan Live Action The Sims

Pernah rencanakan bikin live-actionnya

Mendapatkan popularitas yang mendunia, tidak heran apabila The Sims mendapatkan versi filmnya sendiri. Diumumkan pertama kali pada 2007. Kabarnya, Brian Lynch, seorang screenwriter Scary Movie 3 juga ikut andil dalam proyek ini. Tak hanya itu, produser Fox Studios, John Davies juga ikut ke dalam pengembangannya.

Namun, tidak terdengar kabar apapun lagi sejak saat itu. Pada tahun 2019, banyak yang membuat penggemar kecewa. Proyek Sims Movie dibatalkan bersamaan dengan proyek film lainnya; Mega Man dan Magic: The Gathering.

Menurut CBR, alasannya adalah akuisisi Disney terhadap Fox Studio yang mengakibatkan pembatalan 300 proyek film lainnya.

7. Gagal Dapat Film, The Sims Mendapat Reality Show Sendiri

Dibikinin Reality Show-nya Sama EA

Meskipun gagal mendapatkan adaptasi movie, The Sims berhasil menciptakan reality show-nya sendiri bernama The Sims Spark’d. 4 episode pertamanya debut dan ditayangkan di TBS pada 2020.

Reality show ini dibuat oleh EA Games bersama dengan BuzzFeed dan Turner Sports. Acara ini dipimpin oleh kontestan American Idol, Rayvon Owen. Acara ini mengundang banyak gamer The Sims 4, dan mereka ditugaskan untuk menciptakan kehidupan di The Sims 4.

Adapun juri-nya adalah Dave Miotke sang Developer dari EA, penyanyi Tayla Parx, dan YouTuber Kelsey Impicciche.

8. Total Harga The Sims 4 Beserta DLC-nya

DLC High School adalah DLC terbaru

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, The Sims 4 hadir dengan berbagai macam DLC yang membuat gameplay semakin seru dan menarik. Sejauh ini, telah tercatat 12 expansion pack ($49.90 / pack), 12 game pack ($24.90 / pack), 18 stuff pack ($12.90 / pack), dan 15 kits ($6.90 / kit).

Yang jika ditotalkan dan dikonversikan ke mata uang Rupiah, bisa menyentuh 19 Jutaan Rupiah, lho!

Bagaimana menurut kalian mengenai fakta game The Sims ini, brott? Apakah kalian semakin tertarik untuk memainkan game ini?

Tutorial download The Sims 4 bisa kalian kepoin di sini, ya! Jangan lupa cheat The Sims 4-nya juga lho, brott!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Berita Game atau artikel lainnya dari Sofie Diana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version