Fall Guys Sempat Miliki “Pulau Spesial” untuk Cheater, Namun Dihentikan Karena Tak Efektif

Fallguysjumpheader

Fall Guys bukanlah game yang harus dimainkan dengan serius. Kalah ataupun menang, kesenangan melewati rintangan minigame menjadi poin utama dari game garapan Mediatonic. Sayangnya hal tersebut tidak dimengerti oleh sebagian gamer hingga mengharuskan mereka menggunakan program cheat untuk menangkan game. Semakin harinya, kasus cheater terus bertambah buruk dan Mediatonic harus perbarui anti-cheat mereka sesegera mungkin.

Selagi kembangkan program anti-cheat baru yang dibantu oleh Epic Games, developer bagikan sedikit cerita akan sistem anti-cheat yang telah dimiliki game sejak perilisan game. Lewat Twitter, developer jelaskan bahwa mereka telah ciptakan “pulau cheater” yang sesuai namanya, pulau tersebut akan menjadi para pemain curang berkompetisi sesama mereka.

Pulau ini tidak pernah disebutkan sama sekali sebelumnya karena mereka khawatir sekalinya komunitas tahu akan eksistensi pulau tersebut, cheater akan mencari jalan keluar.

Sayangnya ide ini tidak terealisasi dengan sempurna. Karena developer ingin hindari deteksi false positive yang membuat pemain jujur ikut terseret ke pulau, threshold deteksi sedikit diringankan. Namun imbasnya ialah “pulau” tersebut sepi populasi, membuat cheater tak bisa bermain dan terjebak di layar matchmaking. Tak hanya mereka tidak merasakan pengalaman ‘senjata makan tuan’ yang developer inginkan, tetapi cheater dijamin langsung tahu kalau akun mereka telah ketahuan oleh sistem.

Pada akhirnya, para cheater sadar akan eksistensi server istimewa tersebut dan temukan loophole untuk tetap dapat bermain di server biasa. Cara termudahnya ialah dengan masuk ke party berisikan pemain non-cheater atau ekploitasi sistem Steam family-share.

Karena tak begitu efektif, Mediatonic pada akhirnya memutuskan untuk matikan sistem “pulau cheater” dan kembali ke sistem tradisional yaitu sistem banned. Pemain yang terdeteksi menggunakan cheat sekarang tak dapat login sama sekali.

Dengan bantuan Epic Games yang telah berpengalaman mengurus cheater di Fortnite, harapnya situasi kecurangan yang membanjiri Fall Guys ini dapat segera teratasi.


Baca pula informasi lain terkait Fall Guys beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For press release and further collaboration, Contact me at author@gamebrott.com

Exit mobile version