Fallout 76 Beri Hukuman untuk Pemain yang Asal Bunuh Pemain Lain Tanpa Alasan

fallout76

Fallout 76 menjadi seri yang berbeda dengan game-game Fallout sebelumnya. Game satu ini lebih fokus pada aspek multiplayer dan survival ketimbang cerita, quest dan RPG seperti sebelumnya. Perubahan drastis ini cukup menarik respon yang campur aduk, beberapa menanggapi perubahan ini dengan positif, beberapa menanggapinya dengan negatif.

Sempat diklaim akan menjadi “Rust clone“, Bethesda justru umumkan info apabila game tidak didesain untuk PvP. Bahkan para pemain yang ingin memainkan game ini layaknya para griefer justru dihukum sangat berat di game ini. Sebelumnya pemain yang membunuh para survivor lain akan dikenai bounty layaknya buronan. Pemain yang berhasil membunuhnya akan dihadiahi tutup botol yang menjadi mata uang khas dari Fallout. Namun tampaknya studio ini akan berlakukan hukuman yang lebih berat lagi untuk para pemain yang agresif kepada survivor lain.

Sedikit konteks akan game ini, semua pemain Fallout 76 akan “disahkan” untuk saling menembak apabila pihak kedua menyerang balik. Apabila satu pemain menyerang pihak kedua tanpa diserang kembali, pemain tersebut akan dicap sebagai pembunuh kemudian diburon oleh pemain lain. Semua pemain yang dicap buronan akan diperlihatkan di map semua pemain, membuat si buronan terus dikejar sampai mati.

Hukuman untuk bermain agresif tidak berhenti sampai disini. Pete Hines, vice president dari Bethesda kutipkan bahwa pemain akan dapatkan debuff yang kurangi persentase damage mereka selama waktu 2 jam selain itu semua koin mereka akan musnah apabila berhasil dibunuh pemain lain.

“Kamu akan kehilangan semua caps (tutup botol) yang kamu miliki, dan kamu akan terkena debuff yang kurang damage yang dapat kamu hasilkan. Itu dikurangi pada pemain lain ataupun PvE. Maka kini kamu akan dibuat tidak sebahaya yang seharusnya.”

Sistem ini tidak bisa dilewati dengan cara log-out dari game. Durasi 2 jam dihitung lewat lama bermain pemain, membuat mereka terpaksa melewati fase ini sampai game mengatakan debuff mereka selesai.

Konsep ini tentunya adil untuk mereka yang ingin mainkan game secara damai. Namun bisa dimengerti apabila akan banyak orang yang temukan sistem ini menghalangi kepuasan bermain mereka melihat game didesain sebagai game survival. Akan tetapi menurut Bethesda ini menjadi cara terbaik agar gameplay game tidak “untung sebelah” dalam arti hanya para griefer yang untung tanpa menghadapi konsekuensi apapun atas aksi mereka.

Fallout 76 akan dirilis pada 14 November mendatang untuk PC, PS4, dan Xbox One.

Exit mobile version