Final Day Group Stage TI 8, Dari Eliminasi Pain Gaming Hingga Drama VGJ. Storm Menggunakan 2 Pelatih Saat Draft

in , , ,

Masih seputar The International 2018 yang kini telah berakhir babak group stage meskipun masih ada pertandingan penentu bagi tim yang berada di posisi genting yang nantinya akan memilki kesempatan terakhirnya di babak tie break.

image courtesy, Wykrhm Reddy

Di hari terakhir babak group stage sendiri telah menumbangkan tim asal Brazil yang lolos dari kualifikasi regional Amerika Selatan, yaitu Pain Gaming. Meskipun di hari ke-3 OpTic Gaming berada di posisi paling bawah namun mereka berhasil aman, justru sebaliknya mengembalikan keadaan dan berada di posisi 4 besar klasemen grup B setelah berhasil memenangkan 4 pertandingan berturut-turut. Sementara itu Pain Gaming harus puas menelan kekalahan sebanyak 4 kali dan membuat mereka tereliminasi terlebih dahulu.

image courtesy, Wykrhm Reddy

Selain melihat pertarungan-pertarungan seru tak terduga dari tim yang berada di posisi bawah emudian menunjukkan taringnya kembali, hingga jawara grup A yang  tumbang oleh “TI 7 Winner”. Bahkan kejadian yang cukup ironis adalah terjadinya kecurangan oleh tim jawara grup B, yaitu VGJ. Storm yang melakukan kecurangan karena melakukan draft bersama dua pelatihnya secara langsung di dalam ruangan saat berlangsungnya draft phase.

Kejadian tersebut tepat di hari terakhir babak group stage dimana VGJ. Storm melakukan draft phase dalam ruangan pertandingan bersama dengan pelatih utamanya, Aaron “Claivoyance” Kim dan co-coach/analyst-nya Ilya “Illidan” Pivcaev. Menanggapi kejadian tersebut Valve akhirnya mengeluarkan pernyataan bahwa panitia akan memberikan penalty terhadap VGJ. Storm terlepas itu merupakan kesalah pahaman mereka mengenai rule yang dimana hanya diperbolehkan 5 pemain dan 1 pelatih yang boleh masuk dan melakukan draft di dalam ruangan saat draft phase berlangsung. Valve juga menyadari bahwa tindakan tersebut lebih cenderung kesalah pahaman ketimbang kesengajaan yang mereka lakukan. Bagaimanpun juga Valve memberikan sanksi terhadap VGJ. Storm saat main event berlangsung dengan tidak memperbolehkan coach masuk ke dalam ruangan untuk melakukan draft serta mendapatkan level 2 draft time penalty yang hanya diberikan waktu 70 detik saat reserve time.


Jack “KBBQ” Chen selaku manager dari VGJ. Storm juga memberikan sebuah pernyataan bahwa mereka memang tidak menemukan peraturan resmi yang secara tertulis tidak memperbolehkan 2 pelatih melakukan draft. Bahkan dirinya juga sempat menanyakan kepada admin dari panitia group stage TI 8, yaitu PGL untuk melakukan klarifikasi terhadap peraturan tersebut.


Well, semoga kejadian di akhir babak group stage ini menjadi pelajaran bagi semua pihak baik penyelenggara maupun tim yang bertanding. Selanjutnya babak main event akan berlangsung pada tanggal 20 Agustus, atau tepatnya Senin besok.  Bracket-nya sendiri juga sudah muncul dan bisa kalian simak di bawah ini.

image courtesy, Wykrhm Reddy

happy

Written by happy

Arif "happy" Budianto as a Esport enthusiast, mobile game enthusiast, tech enthusiast and Dota 2 pro wannabe. I love all about video game

Jika ada informasi dan konten menarik untuk kerja sama bisa hubungi e-mail [email protected] untuk segera diolah dan dipublikasi