Final Fantasy 7 Remake Jadi Game AAA Pertama yang Bawa Harga $70 ke PC

Final Fantasy 7 Remake Cloud Image

Memasuki generasi PS5 dan Xbox Series X, publisher besar mulai ajukan kenaikan harga game dari yang biasanya $60 menjadi $70. Sebuah gerakan yang menuai kontroversi tahun lalu melihat game AAA terus mendorong sistem bisnis games as live service dimana game terus diperbarui dengan konten berbayar dan microtransaction.

Harga baru tersebut baru diperkenalkan pada versi console baru, versi PC masih mematok harga $60 selama satu tahun terakhir dan tampaknya Square Enix mulai lebih awal memperkenalkan pricing baru ini.

Dengan perilisan Final Fantasy 7 Remake di Epic Games Store, Square Enix menjadi publisher AAA pertama yang mematok harga $70 untuk game PC. Forspoken juga disebutkan bakal melakukan hal serupa nantinya.

Game AAA lain seperti Call of Duty: Vanguard dan Battlefield 2042 masih bertahan dengan standar lama di versi PC. Game tahun 2022 mendatang seperti Tiny Tina’s Wonderlands juga masih pertahankan harga $60 meski di versi console lebih mahal $10.

Bisa dibilang apabila penjualan FF7 Remake berhasil, $70 akan menjadi new normal untuk harga game AAA. Yang menjadi pertanyaan ialah bagaimana nasib harga di region lain. Untuk Indonesia sendiri harga game remake tersebut ialah Rp 1.029.000. Biasanya game semacam ini akan dihargai berkisar Rp 700 ribu hingga Rp 890 ribu. Apakah region pricing game publisher besar akan menjadi seperti ini nantinya? Kita lihat saja nanti.


Baca pula informasi lainnya beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version