Final Fantasy VII Remake Benar-Benar Berukuran Nyaris 100GB dengan Dua BD


Mirip Red Dead Redemption 2.

Jika selama ini game PlayStation 4 umumnya miliki ukuran sebesar 50GB, maka hal tersebut langsung mati setelah Rockstar umumkan bahwa Red Dead Redemption 2 membutuhkan 100GB HDD. Lebih parahnya lagi, Call of Duty: Modern Warfare 2019 miliki ukuran install yang sama gilanya.

Budaya “game berukuran besar” tersebut sepertinya berlanjut untuk salah satu game yang banyak diantisipasi, Final Fantasy VII Remake. Game yang sebelumnya dikabarkan akan dirilis terlebih dahulu versi fisiknya di Australia dan Eropa tersebut, sempat dikabarkan akan miliki ukuran kurang lebih 100GB dan miliki dua BD.

Berita tersebut bukan sebuah isapan jempol belaka, karena salah satu gamer Australia yang telah mendapatkan gamenya terlebih dahulu membuktikannya. Melalui akun Twitternya, Miraculous Maku yang mendapatkan edisi deluxe dari Final Fantasy VII Remake memamerkan dua sisi dari kotak BDnya.

Dari foto yang bisa kamu lihat di atas, terlihat bahwa kotak BDnya tertulis “dua disc” dengan ukuran minimal HDD 100GB. Hal ini sekaligus memasukkan Final Fantasy VII Remake dalam kategori game berukuran terbesar ketiga setelah Red Dead Redemption 2 dan Call of Duty: Modern Warfare 2019.

Maku sendiri juga menjawab pertanyaan para gamer tentang ukuran aslinya saat diinstall. Ia mengatakan bahwa dirinya mendapatkan ukuran sebesar 90.66GB.

Ukuran ini tentunya baru sebatas bagian pertamanya saja. Jika Square-Enix telah merilis semua part-nya, maka Final Fantasy VII Remake otomatis akan menjadi salah satu game modern dengan ukuran super gila dalam sejarah.


Baca lebih lanjut tentang Final Fantasy VII Remake, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]