Final Fantasy VII Remake Part 1 Bukanlah Sebuah Game Open-World!

ff vii remake midgar 2 600x338 1

Walaupun telah mengimplementasikan formula open-world pada game garapan terakhirnya yaitu Final Fantasy XV, Square Enix nampaknya tidak tertarik untuk hadirkan formula tersebut pada Final Fantasy VII Remake setidaknya di part pertamanya. Selain karena dunia yang diusung hanya akan berfokus pada area Midgar saja, game ini dijanjikan akan menawarkan cerita yang lebih lengkap dan solid. Maka dari itu, size-nya yang digadang-gadang menyentuh angka 100 GB sepertinya akan berisi beragam cutscene sinematik serta fitur menarik lainnya.

Hal ini ditegaskan kembali oleh sang director yaitu Tetsuya Nomura yang pada video dibalik layar pembuatan Final Fantasy VII Remake sempat mengatakan meskipun dalam game ini mereka memang menambahkan banyak hal untuk membuat Midgar terasa seperti kota raksasa, dengan menambahkan area baru yang tidak ada di versi original-nya dulu, game ini bukanlah sebuah game open-world yang membebaskan pemainnya untuk mengeksplorasi seluruh penjuru tempat yang ada. Melainkan kita sebagai pemain nantinya hanya akan bergerak dari satu lokasi ke lokasi lain menyesuaikan dengan jalan cerita yang ada.

Walaupun demikian, formula open-world nyatanya memang tidak selalu menjadi patokan dibalik kesuksesan sebuah game. Hal ini juga dialami oleh Final Fantasy XV yang meskipun menyajikan dunia yang luas, namun area yang dilalui Noctis dkk terasa kosong dan hambar, apalagi misi sampingan yang dihadirkan pun terkesan hanyalah fetch quest semata. Semoga saja kejadian tersebut tidak terulangi lagi di Final Fantasy VII Remake part 2 yang kemungkinan besar akan menghadirkan formula open-world nantinya.

Final Fantasy VII Remake sendiri direncanakan akan rilis pada tanggal 10 April 2020 mendatang, eksklusif selama satu tahun untuk PlayStation 4.


Baca juga artikel mengenai Final Fantasy VII Remake, atau artikel video game menarik lain dari Yandi Nurdiansyah.

Exit mobile version