Meski Berpindah Action, Final Fantasy VII Remake Masih Dapatkan Battle Turn-Based

in ,
Battle turn-based masih ditambahkan.

Menghilangkan ciri khas dalam video game memang sesuatu yang sangat sulit. Final Fantasy misalnya yang sangat erat dengan battle-nya yang turn-based. Namun tak selamanya developer maupun publisher akan terus mempertahankannya seiring berkembangnya teknologi. Final Fantasy XII misalnya yang angkat semi-action sebagai battle systemnya yang kemudian disempurnakan di XIV. Iterasi teranyarnya, XV justru mengubah segalanya dengan full action sebagai dasar gameplay baru seri yang dibuat oleh Hironobu Sakaguchi tersebut. Ia kemudian diadaptasi oleh Final Fantasy VII Remake yang sempat jadi kontroversi di antara fans lawas karena tak sesuai dengan versi orisinalnya. Meskipun Square-Enix mengumumkan bahwa gamenya akan juga miliki fitur layaknya “wait mode” di XV, namun nampaknya hal tersebut tidak menutupi esensi action yang disajikan. Kabar baiknya mereka sepertinya masih akan mengadaptasi model turn-based.

Square-Enix jelaskan bahwa Final Fantasy VII Remake akan miliki mode yang mereka namai “Classic Mode”. Mode ini akan mengatur sistem battlenya agar sama persis dengan versi orisinal Final Fantasy VII. Di mana kamu akan menunggu ATB terisi agar bisa memilih apa saja yang akan dilakukan karaktermu nanti. Mereka juga menjamin bahwa kamu yang masih ingin memainkannya dengan battle lawas tak perlu khawatir karena bisa memilih mode ini untuk bisa merasakan bagaimana game orisinalnya yang dibuat ulang agar lebih baik.

Sistem ini tentunya akan menarik para gamer lawas yang tumbuh bersama gamenya dan audiens baru atau millenial yang belum sempat mengenal gamenya. Menjadi sebuah win-win solution untuk Square-Enix.

Final Fantasy VII Remake akan dirilis tanggal 3 Maret 2020 untuk PlayStation 4. Ikuti terus perkembangannya hanya di gamebrott.com.

contact: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Weird and have passive ability to easily forgotten by people. Multi-platform gamer with PC as his main platform while PlayStation in the second. RPG, MMORPG (any nation), JRPG (JP, EN), FPS, TPS are his main courses. Moving forward, not backward, and evolving without too long dwelling to the past. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).