Final Fantasy XIV: Endwalker Tambahkan Sage Sebagai Barrier-Healer

in , , ,
Sage Final Fantasy Xiv With Logo
Melanjutkan Astrologian sebagai healer baru.

Kisah Hydaelyn dengan Zodiark dalam MMORPG Final Fantasy XIV sepertinya akan segera menuju penghujung konklusinya, dan Square-Enix akan merampungkannya dengan tambahan ekspansi baru berjudul Endwalker. Seperti biasa, terdapat job baru yang akan mereka tambahkan dalam ekspansi ini.

Jika sebelumnya Gunbreaker (tank), Dancer (ranged DPS), dan ras baru bernama Viera ditambahkan di ekspansi Shadowbringers, maka Final Fantasy XIV: Endwalker akan berikan job baru bernama Sage dengan role healer.

Sage akan menjadi barrier-based healer yang akan menggunakan Noulith sebagai senjatanya. Simplenya Noulith sangat mirip dengan funnel dari seri Mobile Suit Gundam. Ia akan melindungi para tanker dan DPS dengan perisai yang dibentuk sembari tambahkan buff dan healing.

Player akan bisa memainkan Sage pada level 70 tanpa syarat tertentu kecuali memiliki ekspansi Endwalker.

Naoki Yoshida, Produser sekaligus Director Final Fantasy XIV menjelaskan bahwa Sage akan miliki peran yang sama dengan Scholar sebagai barrier healer. Sementara Astrologian yang sebenarnya juga menjadi barrier healer akan mereka ubah sebagai pure-healer layaknya White Mage. Ini berarti mereka akan hilangkan kemampuan seperti Nocturnal Sect, yakni barrier yang mampu menangkis damage yang diterima.

Tim developer juga menjelaskan bahwa mereka akan tambahkan job lain selain Sage namun belum diumumkan sama sekali. Mereka hanya mengatakan bahwa ia akan menjadi role melee DPS.

Final Fantasy XIV: Endwalker akan melanjutkan sekaligus menutup cerita Hydaelyn dengan Zodiark. Player akan bisa tuju area bulan dengan level cap baru dari 80 ke 90. Beberapa tambahan lain seperti area baru, raid 24-player Pandaemonium, hingga residential atau perumahan baru untuk bisa dibeli oleh guild di Ishgard. Ekspansi ini akan rilis musim gugur 2021 di PC, PlayStation 4, dan PlayStation 5.


Baca lebih lanjut tentang Final Fantasy XIV: Endwalker, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Have passive ability to easily forgotten by people. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

You have PR and Review? Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).