[REVIEW + VID] Final Fantasy XV: Inovatif, Namun Penuh Lubang

in

Final Fantasy XV berikan banyak sekali inovasi dari segi gameplay. Perubahan sistem open-worldnya yang lebih luas bisa membuatmu ketagihan untuk mengeksplorasinya lebih dalam. Berbagai macam kejutan juga telah dipersiapkan di dalamnya. Summonnya pun memiliki efek yang sangat epic jika dibandingkan seri Final Fantasy sebelumnya. Beberapa hal penting dari gameplaynya sudah pernah saya jelaskan di artikel berikut. Perubahan besar ini kemungkinan akan menjadi wajah baru di dunia JRPG Square-Enix kedepannya, dan kemungkinan juga hal ini akan diikuti developer RPG Jepang lainnya.

Sayangnya dibalik inovasi yang mereka berikan, mereka melupakan elemen terpenting di game ini yaitu cerita. Tidak dapat dipungkiri bahwa, cerita Final Fantasy XV ini memiliki banyak lubang krusial yang seharusnya mereka jelaskan. Hal ini membuat game ini terkesan menjadi game yang belum selesai dikerjakan. Meskipun begitu, saya berharap Square-Enix bisa memperbaiki kesalahan fatal yang mereka buat di game ini untuk seri Final Fantasy selanjutnya.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Weird and have passive ability to easily forgotten by people. Multi-platform gamer with PC as his main platform while PlayStation in the second. RPG, MMORPG (any nation), JRPG (JP, EN), FPS, TPS are his main courses. Moving forward, not backward, and evolving without too long dwelling to the past. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).