Final Fantasy XV Windows Edition Tak Miliki Denuvo?

in ,

Square Enix merupakan salah satu publisher yang telah jadi “langganan” dari Denuvo selain dari Warner Bros, EA dan juga Ubisoft. Sejak perilisan The Rise of the Tomb Raider, semua game PC yang mereka rilis bisa dipastikan akan dipasang Denuvo untuk menjaga pembajak dari memainkan game mereka. Bahkan remaster seperti Star Ocean The Last Hope dan Final Fantasy XII: The Zodiac Age dipasang Denuvo terbaru meskipun kedua game bisa mainkan kedua game tersebut dengan cara lain seperti emulator. Namun untuk Final Fantasy XV Windows Edition yang akan dirilis pada awal Maret nanti, Square Enix dikabarkan tidak akan suntikkan Denuvo sama sekali.

Dilansir dari DSOgaming, Square Enix telah perbarui EULA yang ada di halaman Steam game tersebut. Apabila game menggunakan Denuvo, biasanya Steam akan memberikan notifikasi di halaman store atau setidaknya menyebutkan keberadaan proteksi anti-tamper tersebut di EULA. Namun kedua hal tersebut tak muncul pada halaman store dari Final Fantasy XV.

EULA Final Fantasy XII yang dimana menyebutkan keberadaan Denuvo
EULA Final Fantasy XV Windows Edition tak menyebutkan adanya Denuvo

Ini kali kedua pada tahun ini Square Enix tidak menggunakan Denuvo. Secret of Mana yang dirilis beberapa hari yang lalu juga dipastikan tidak miliki proteksi Denuvo, tetapi game tersebut bisa dimengerti melihat game tersebut tidak begitu high profile.

Kemungkinan besar tidak adanya Denuvo pada Final Fantasy XV adalah karena fitur modding support yang Square Enix implementasikan pada versi PC ini. Denuvo telah dikenal tidak mendukung full-mod support karena potensi pembajak dapat bermain dengan file .exe dari game yang diproteksi. Ya, beberapa game seperti Metal Gear Solid V dan Batman Arkham Knight miliki mod, namun mod yang dimiliki kedua game tersebut miliki hanyalah mod skin semata yang mengubah model dari tiap karakter yang ada di game.

Keputusan dari Square Enix ini bisa berubah-ubah nantinya. Namun untuk sementara bisa diambil kesimpulan jika Square Enix takkan gunakan Denuvo untuk Final Fantasy XV. Apabila keputusan ini berubah untuk kedepannya, berita ini akan segera diperbarui.

Source: DSO gaming

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.

Leave a Reply

Your email address will not be published.