Final Fantasy XVI akan Jadi Game dengan Rating Dewasa Setelah Type-0

in ,
Ff16 2 Cover
Adegan darah nampaknya akan menjadi pemicu rating dewasanya.

Sejak kehadirannya yang cukup tiba-tiba, Final Fantasy XVI menjadi salah satu seri kejutan yang tak diduga sama sekali oleh para fans. Pengumumannya yang cukup spektakuler dengan trailer yang dibalut adegan CGI yang nampaknya menjadi salah satu bagian dari cut-scenenya berikan gambaran bahwa kali ini Square-Enix mencoba sesuatu yang lebih gila dibanding seri terdahulunya. Salah satunya adalah dari segi tema.

Hal ini juga diperkuat dengan sesuatu yang cukup berbeda jika dibandingkan seri sebelumnya. Jika sebelumnya Final Fantasy kerap angkat tema fantasy kerajaan dengan teknologi canggih, kali ini mereka sepertinya akan hilangkan elemen tersebut dan fokus pada dunia fantasynya saja.

Elemen lain yang terpampang di trailernya adalah kehadiran adegan sadis yang nyaris tidak pernah muncul dengan representasi kuat dalam seri terdahulunya. Khususnya untuk seri modern. Jadikannya sebuah tanda tanya besar bagi para fans serinya. Kabar baiknya, hari ini Square-Enix akhirnya angkat bicara menjelaskan detil tambahan Final Fantasy XVI.

Melalui livestream Tokyo Game Show 2020, Square-Enix jelaskan bahwa Final Fantasy XVI telah dikembangkan selama empat tahun. Dengan kata lain, mereka akan merilisnya dalam waktu yang lebih cepat dari yang diduga. Jika harus diprediksi, kemungkinan tercepat adalah 2022 atau 2023.

Square-Enix menambahkan bahwa mereka akan luncurkan situs resmi Final Fantasy XVI sekitar bulan Oktober 2020 nanti. Situsnya akan berikan segelintir informasi tentang dunia dan karakternya. Mereka juga tegaskan bahwa serinya merupakan iterasi kedua dengan rating 18 tahun atau dewasa setelah Final Fantasy Rei Zero / Type-0. Dengan kata lain, beberapa adegan berdarah, sadis, penggunaan rokok, minuman keras, kata-kata kotor, maupun kemungkinan sensualitas tinggi juga akan hadir dalam gamenya.

Naoki Yoshida yang ditunjuk sebagai Produser menjelaskan bahwa semua yang mereka pamerkan melalui teaser video Final Fantasy XVI merupakan animasi yang akan berjalan dalam gamenya. Ia mengaku bahwa beberapa adegan tersebut akan mereka ubah dan perbaiki kembali. Yoshida juga menambahkan bahwa mereka akan berikan detil lebih lengkap tentang gamenya pada tahun 2021 mendatang.


Baca lebih lanjut tentang Final Fantasy XVI, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor since Gamebrott was established in 2015. Specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]