Final Fantasy XVI Ditangani Produser Final Fantasy XIV

in , ,
Ff16 2 Cover
Naoki Yoshida akhirnya angkat bicara.

Final Fantasy XVI akhirnya resmi diumumkan dan sepertinya Square-Enix masih miliki banyak rahasia yang mereka sembunyikan tentang proyek tersebut. Mulai dari engine yang digunakan hingga orang-orang yang bekerja di baliknya.

Setelah sebelumnya Naoki Yoshida, Produser dan Sutradara Final Fantasy XIV online dirumorkan tengah mengerjakan seri utama Final Fantasy selanjutnya yang ia tolak mentah-mentah. Kali ini ia dengan percaya diri menjelaskan bahwa ia memang mengerjakan Final Fantasy XVI sebagai Produser saja.

Yoshida mengaku masih mengerjakan Final Fantasy XIV sebagai Produser dan Sutradara. Ia mengaku proyek baru ini akan menjadi seri yang benar-benar baru yang akan gabungkan sinematik dan gameplay menjadi satu. Ia melanjutkan bahwa mereka akan berikan detilnya tahun 2021 mendatang dan berharap fans menunggu informasi baru baik dari XVI maupun XIV yang tengah ia kerjakan.

Sementara Sutradara yang ditunjuk untuk mengerjakan Final Fantasy XVI adalah Hiroshi Takai. Takai adalah orang di balik kesuksesan Romancing SaGa sebagai Battle Director dan The Last Remnant sebagai Sutradara. Ia juga bekerja bersama Yoshida sebagai Assistant Director di Final Fantasy XIV: A Realm Reborn dan Development Supervisor di ekspansi Stormblood.

Takai hanya mengatakan bagaimana pengalamannya sebagai fans yang pada akhirnya duduk bersama para developer untuk kembangkan Final Fantasy. Ia meyakinkan para fans bahwa Final Fantasy XVI akan menjadi game yang sangat pantas ditunggu.

Final Fantasy XVI rencananya akan dirilis di PlayStation 5 secara eksklusif selama beberapa waktu dan PC. Namun tidak ada kejelasan secara detil apakah Final Fantasy XVI akan dirilis bersamaan di kedua platform tersebut atau eksklusif PlayStation 5 selama satu tahun seperti biasa.


Baca lebih lanjut tentang Final Fantasy XVI, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor since Gamebrott was established in 2015. Specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]