Firaxis: Passion Kami di Expansion, Bukan Microtransaction

civ 6 rise and fall key art 1
Firaxis yakin bahwa expansion sangat cocok untuk game buatan mereka.

Microtransaction kini telah menjadi “alat” pencari uang yang “paling efektif” dan sering digunakan saat ini. Tak hanya mobile game dan game PC atau console free-to-play saja, namun penggunaannya juga telah merambah ke game AAA. Hal ini menjadi kekhawatiran banyak gamer zaman sekarang yang harus menghabiskan uangnya dua kali lipat dari harga game aslinya agar gamenya tetap hidup untuk konten yang tidak seberapa. Namun, tahukah kamu bahwa dulu sebelum microtransaction populer terdapat hal yang lebih rewarding yakni expansion? Hal inilah yang sepertinya masih dilakukan oleh beberapa developer seperti CD Projekt RED atau Firaxis Games.



Salah satu contoh expansion tersebut adalah Civilization VI: Rise and Fall yang baru saja diumumkan oleh Firaxis Games. Lead Designer Firaxis Games Anton Strenger mengatakan pada Eurogamer bahwa cinta, passion, dan keahlian mereka ada pada expansion pack. Menurutnya, expansion pack mampu berikan banyak konten dan mengubah dasar sistem game itu sendiri, dimana hal ini takkan mungkin bisa dilakukan tambahan lain seperti DLC atau microtransaction, terlebih untuk game seperti X-COM atau Civilization.



Meskipun iterasi terbaru Civilization VI juga miliki DLC seperti penambahan skenario dan civilization baru, namun setidaknya kamu tidak akan membeli benda tidak penting seperti seragam tentara baru atau skin untuk pasukan berkudamu. Bisnis expansion ini mungkin bagi beberapa orang terlihat sebagai bisnis yang kuno, namun model bisnis inilah yang justru mengedepankan kualitas dibanding kuantitas seperti model bisnis microtransaction yang sedang populer saat ini. Bagaimana menurutmu?

Exit mobile version