Firefox Akan Keluarkan Fitur Autoblock Videoplay Pada Update Selanjutnya

d91o5wfxp4501 e1549348681835

Pemutar video otomatis adalah salah satu momok dari internet, dan kini nampaknya Mozilla akan  menambahkan sebuah fitur di Firefox 66 yang akan datang, fitur tersebut adalah sebuah tambahan berupa blocking autoplay video  apa pun kecuali pengguna secara sadar mengklik tombol putar, melalui TechCrunch.

Sebagaimana dirinci dalam postingan mereka melalui blog, mereka mengumumkan sebuah fitur baru berupa block autoplay, Mozilla mendefinisikan autoplay video sebagai “setiap pemutaran yang terjadi sebelum pengguna berinteraksi dengan page melalui klik mouse, tombol play pada keyboard, atau lewat layar sentuh,” dan  itu akan diblokir kecuali secara eksplisit diizinkan oleh pengguna. Pengguna juga akan dapat secara manual mengizinkan (Whitelist) situs untuk memutar otomatis, memungkinkan situs-situs seperti YouTube (di mana kebanyakan orang cenderung menginginkan video yang mereka pilih untuk diputar secara otomatis saat loading) untuk terus berfungsi seperti biasa.

Firefox bukanlah search engine pertama yang mencoba menghapus autoplay video karena Google sebelumnya telah menambahkan fitur serupa tahun lalu di Chrome. Iterasi Google adalah metode yang lebih personal yang menggunakan riwayat penjelajahan untuk menentukan situs mana yang ingin diblokir oleh pengguna, alih-alih larangan yang lebih luas yang ditawarkan Firefox. Dan itu sebenarnya juga bukan obat mujarab – Firefox hanya akan membisukan situs yang menyinggung, tetapi video akan terus memutar dan memakan kuota kalian secara otomatis bahkan setelah pembaruan.

Auto Block ini  diumumkan akan diluncurkan dengan rilis Firefox berikutnya, dan dijadwalkan pada 19 Maret 2019.

Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainya tentang Tech dan dari Rizki

Exit mobile version