[First Impression] Menjajal Game Blue Archive – Mendadak Menjadi Sensei di Dunia Lain

Blue Archive Game

Bertambah satu lagi daftar game mobile yang ada di smartphone saya saat ini. Game mobile buatan developer NAT Games berjudul Blue Archive telah merilis server Global dan Korea pada 8 November 2021 yang lalu. Game mobile yang menghadirkan gadis-gadis imut dan lucu ini mulai memasuki pasar game gacha lengkap dengan rebutan waifu oleh para Sensei (panggilan Player dalam game).

Pada kesempatan kali ini, saya akan membuat sebuah tulisan mengenai impresi saya dalam sebuah review ketika bermain game mobile Blue Archive. Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman saya bermain game Blue Archive selama kurang lebih 1 minggu. Dan saya sama sekali belum pernah bermain Blue Archive server JP sebelumnya. Jadi artikel ini ditulis murni sebagai pemain baru.

Inilah impresi review game Blue Archive buatan developer NAT Games!

Saya Tidak Tahu Apa yang Terjadi, Tiba-Tiba Disuruh Menjadi Sensei

[First Impression] Menjajal Game Blue Archive - Mendadak Menjadi Sensei di Dunia Lain 13

Pada awal cerita, Player akan diperlihatkan setting dunia fiksi yang terlihat sangat indah. Selain itu, pemain juga diperlihatkan kondisi dimana terdapat reruntuhan dan gurun pasir yang terlihat seperti adanya bencana alam yang dahsyat.

Lalu Player mendapatkan sebuah amanah dari karakter misterius untuk menjadi Sensei atau guru di sebuah akademi sekolah khusus di kota Kivotos. Tunggu sebentar, ini plot prologue-nya kencang banget. Saya sendiri tidak bisa mengolah apa yang sebenarnya terjadi, ini dunia seperti apa dan saya ini sebenarnya siapa. Tiba-tiba saja dikasih tahu sama karakter misterius “kamu jadi guru di sekolah”. Entah ini saya yang terlalu cepat menekan tombol dialog atau premis ceritanya memang seperti ini.

[First Impression] Menjajal Game Blue Archive - Mendadak Menjadi Sensei di Dunia Lain 14

Secara garis besar, Sensei diminta untuk menjadi Advisor yang dibentuk oleh mantan Ketua OSIS di akademi dan masuk dalam klub Federal Investigation bernama Schale. Sensei diminta untuk mendaftarkan murid-murid dari akademi manapun yang ada di kota Kivotos. Klub ini memiliki peran besar dan berada di luar hukum di kota.

Setelah diperkenalkan secara singkat tugas Player dan beberapa gadis dari beberapa sekolah akademi, pemain akan masuk dalam Tutorial mengenai gameplay battle.

Blue Archive Memiliki Gameplay Battle yang Unik dan Berbeda

[First Impression] Menjajal Game Blue Archive - Mendadak Menjadi Sensei di Dunia Lain 15

Gameplay battle dalam Blue Archive sedikit berbeda dengan game mobile bertema senjata api lainnya. Dalam tim pemain bisa membawa 6 karakter yang terdiri dari 4 Striker dan 2 Special. Striker bertugas dalam medan pertempuran sementara Special memberikan support kepada anggota Striker dalam pertempuran.

[First Impression] Menjajal Game Blue Archive - Mendadak Menjadi Sensei di Dunia Lain 16

Setiap karakter memiliki skill aktif dan pasif mereka masing-masing. Skill tersebut akan bisa digunakan dalam pertempuran. Dalam pertempuran ada 3 slot skill dari karakter secara bergiliran yang bisa diaktifkan. Skill yang dapat diaktifkan secara manual, yaitu EX Skill memiliki berbagai efek seperti serangan frontal ke musuh, buff karakter, taunt, healing dan lainnya.

Kemudian karakter Striker akan bergerak secara otomatis dalam pertempuran. Jika ada semacam dinding atau tempat berlindung untuk menghindari serangan musuh, mereka otomatis akan berada di posisi tersebut. Sementara karakter yang tidak mendapatkan posisi berlindung akan otomatis di posisinya sendiri yang tidak jauh dari karakter lain sesuai peran mereka.

Sama seperti game mobile lainnya, setiap karakter memiliki elemen keunggulan dan kelemahan dalam menghadapi musuh. Pada Blue Archive, karakter memiliki job dan posisi yang akan mereka ambil dalam pertempuran. Untuk job ini mirip seperti elemen pada game mobile lainnya. Ada banyak gimmick gameplay yang ada dalam Blue Archive yang tidak bisa saya jelaskan satu per satu.

Secara garis besar, beberapa fitur gameplay dalam Blue Archive sangat bersahabat dan mudah dipelajari oleh pemain. Hal yang perlu kalian perhatikan dalam game adalah mendapatkan karakter melalui gacha.

[First Impression] Menjajal Game Blue Archive - Mendadak Menjadi Sensei di Dunia Lain 17

Tipikal Gacha pada Game Mobile Waifu

[First Impression] Menjajal Game Blue Archive - Mendadak Menjadi Sensei di Dunia Lain 18

Jika kalian bertanya mengenai sistem gacha karakter, Blue Archive memiliki persentase yang tidak jauh berbeda dengan game mobile gacha populer lainnya. Untuk melakukan tarikan 1x kalian membutuhkan 120 Pyroxene dan untuk tarikan 10 sekaligus membutuhkan 1200 Pyroxene.

Pada saat artikel ini ditulis bersamaan dengan rilisnya karakter Mashiro (16/11), Blue Archive memiliki total karakter sebanyak 51 karakter. Karakter ini terdiri dari 3 macam rarity, yaitu bintang 3, bintang 2 dan bintang 1. Setiap karakter memiliki kemampuan dan tugas mereka masing-masing dalam pertempuran. Dan karakter tersebut bisa kalian uncap dengan item khusus mereka untuk meningkatkan status bintang dan kemampuan mereka.

[First Impression] Menjajal Game Blue Archive - Mendadak Menjadi Sensei di Dunia Lain 19

Sama seperti game mobile gacha lainnya, Blue Archive memiliki karakter tier list mereka sendiri berdasarkan kemampuan mereka yang dibuat oleh beberapa komunitas pemain. Sebelumnya Gamebrott telah membuat tier list karakter Blue Archive yang bisa kalian jadikan acuan untuk mendapatkan karakter bagus dalam game. Kalian bisa membaca artikel kami di sini.

Bisa Melakukan Reroll dengan Mudah

[First Impression] Menjajal Game Blue Archive - Mendadak Menjadi Sensei di Dunia Lain 20

Setiap game mobile gacha yang baru saja rilis, pasti pemain banyak yang melakukan reroll akun sampai mendapatkan karakter meta dan waifu idaman mereka. Mengetahui kebiasaan dari pemain, developer NAT Games dengan sengaja memberikan akses mudah untuk mereka melakukan reroll.

Melakukan reroll bisa kalian lakukan dengan singkat dan mudah tanpa perlu mengunduh file data game-nya berulang kali. Gamebrott juga sudah memberikan sebuah artikel bagaimana cara melakukan reroll game mobile Blue Archive. Kalian bisa baca tutorial reroll-nya di sini.

Grinding dan Farming yang Membutuhkan Kerja Keras

[First Impression] Menjajal Game Blue Archive - Mendadak Menjadi Sensei di Dunia Lain 21

Sementara untuk melakukan grinding dan farming, nampaknya game ini menghadirkan tingkat kesulitan tinggi membutuhkan usaha keras. Kalian membutuhkan usaha keras dengan melakukannya berulang kali, seperti mendapatkan material, item uncap karakter, equipment dan lainnya.

Untuk menutupi kebosanan dan durasi yang terlalu lama, NAT Games menghadirkan fitur skip dari battle pada lokasi grinding dan farming. Syaratnya adalah kalian harus menyelesaikan semua misi bintang pada lokasi yang tertera setiap keterangan map. Jika sudah, kalian bisa melakukan skip battle dengan menggunakan total stamina atau tiket (untuk map bounty) yang dibutuhkan pada lokasi grinding dan farming.

Blue Archive Adalah Game yang Fun Tapi Harus Tetap Waspada dengan Kondisi Sekitar

[First Impression] Menjajal Game Blue Archive - Mendadak Menjadi Sensei di Dunia Lain 22

Blue Archive hadir sebagai game mobile gacha waifu yang menarik menurut saya. Dengan karakter gadis-gadis yang imut dan lucu bisa menjadi alasan kalian untuk mencoba game gacha ini.

Selain itu, Blue Archive memiliki cerita yang menarik dan fun untuk kalian ikuti. Meskipun masih banyak misteri pada game, setidaknya kalian bisa menikmati keseharian sebagai Sensei untuk membimbing para murid akademi menjadi lebih baik. Atau setidaknya itulah yang saya ketahui pada saat artikel ini ditulis sebelum mengetahui cerita utama Blue Archive sudah semakin dalam untuk server Jepang.

Sekadar mengingatkan juga, kalian harus tetap waspada dengan kondisi sekitar ketika bermain game Blue Archive. Beberapa karakter dalam game ini memiliki penampilan yang cukup berbahaya. Belum lagi dengan banyaknya karakter yang bisa dibilang membuat kalian yang awalnya dari Sensei menjadi Predator.

[First Impression] Menjajal Game Blue Archive - Mendadak Menjadi Sensei di Dunia Lain 23

Itulah first impression artikel review ketika saya mencoba bermain game mobile Blue Archive. Apakah kalian tertarik juga bermain game buatan developer NAT Games ini?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Blue Archive atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version