Fitur Android 14 Terbaru Bolehkan Aplikasi Tidak Berjalan Sampai Pengguna Membukanya

Fitur Android 14 Terbaru

Android bisa sesukses sekarang ini tidak lain karena kontrol yang ia berikan kepada penggunanya. Hampir semua tombol dan posisi icon bisa diatur di sistem operasi Android, membuatnya disukai oleh fans.

Tidak hanya itu, Android juga memberikan kalian banyak pilihan aplikasi yang bisa diseleksi sendiri. Terkadang kita lebih menyukai aplikasi dari pihak ketiga ketimbang bawaan smartphone karena lebih kaya fitur atau tampilan lebih cakep.

Aplikasi bawaan tadi malah tidak bisa dihapus karena sudah termasuk bagian dari sistem. Hal ini tentu memakan sumber daya yang ada di smartphone dan juga ketahanan baterai berkurang. Untungnya Android 14 sudah ada solusi untuk ini.

Fitur Android 14 Terbaru Bolehkan Bloatware Dihentikan Sampai Dibuka oleh User

Android 14

Menurut Mishaal Rahman via Wccftech, Android 14 mempunyai sebuah fitur baru yang bisa mengurangi penggunaan memori dan baterai aplikasi pre-install dibalik layar. Pasalnya fitur baru ini dapat membuatkan aplikasi dalam kondisi terhenti ketika booting dan baru akan berjalan sampai pengguna membukanya.

Mishall menjelaskan lebih lanjut, artinya aplikasi bawaan yang bisa dibuka oleh user tidak akan memakan memori dan baterai sampai pengguna membuka aplikasi tersebut. Fitur ini disebut dapat secara signifikan mengurangi konsumsi memori dan juga baterai smartphone.

OEM Juga Bisa Masukkan Fitur Android 14 Ini Lewat AOSP

Tersedia untuk OEM lewat Android Open-Source Project

Google juga sepertinya akan memasukkan fitur ini dalam jajaran AOSP, sehingga developer nantinya akan punya kesempatan untuk ikut atau bahkan tidak menggunakan fitur ini. OEM nantinya juga akan diberikan pilihan untuk memasukkan beberapa aplikasi dalam whitelist yang terus-menerus berjalan dibalik layar.

Mishaal juga ungkap kalau beberapa aplikasi bawaan Google sudah masuk dalam kategori whitelist karena aplikasi tersebut esensial untuk penggunaan smartphone. Sekarang tinggal menunggu waktu fitur ini diimplementasikan oleh para OEM saja dan kita buktikan klaim soal ketahanan baterai tersebut.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version