Fitur Baru Berhasil Mengurangi Toxicity di Overwatch


Follow Us

Setelah update terakhir, Jeff Kaplan, tokoh penting dibalik kesuksesan game Overwatch dan wakil presiden dari Blizzard Entertainment, mengumumkan data statistik yang menunjukkan menurunnya jumlah Abusive chat di Overwatch. Dimana jumlah pertandingan dalam mode competitive yang berisi Abusive chat menurun sebesar 26,4%, dan jumlah pemain yang menjadi Abusive di Americas berkurang sebanyak 28.8%. Jumlah penurunan yang signifikan. Berikut data statistik yang diumumkan oleh Kaplan,

Nulis artikel dibayar

Dalam update teranyar kemarin, pemain dapat memberi beragam endorsement kepada pemain lainnya, untuk menunjukkan apresiasi terhadap pemain lainnya. Beragam pilihan tanda diantaranya ialah, Good Teammate, Shot Caller, dan Sportmanship. Dengan mendapatkan endorse, pemain nantinya akan mendapatkan Endorsement Level dalam rentang 0-5, yang nantinya akan menentukan siapa teman atau lawan bermain pada level yang sama ketika bermain menggunakan fitur LFG (atau Looking for Group).

 

 

Fitur LFG sendiri, memberikan kesempatan kepada pemain untuk mencari grup yang sesuai dengan gaya-permainan yang diinginkan. Pemain dapat mencari grup untuk bermain dalam mode Competitive, Quick Play, atau Arcade. Selain itu, dalam fitur ini, pemain juga dituntut untuk berkomitmen pada salah satu role, menjadi Tank, Support, DPS, atau Flex.

Nantinya, pemilihan Hero pemain dibatasi pada pool hero masing-masing role (walau pada Flex, pemain dapat berganti role). Fitur ini yang membatasi pergantian Hero pemain di dalam game yang kadang-kadang jauh dari role yang diisi sebelumnya, misal ada yang dari Mercy di tengah permainan ganti jadi Hanzo, dan tidak ada yang mau main role support (sedikit curhat pengalaman pribadi mimin)

Fitur Endorsement pun memberi hukuman melalui sistem aduan. Jika nanti ada yang mengadukan salah satu pemain, endorsement levelnya bisa diturunkan kembali ke level 0. 

Selain itu, fitur ini juga memberikan hadiah lootbox kepada pemain yang memiliki level endorsement yang tinggi. Bahkan, pada saat acara musiman (seperti Christmas Eve atau Halloween)  pemain juga akan dihadiahi seasonal lootbox.

Dari data yang ditunjukkan Kaplan menunjukkan bahwa fitur terbaru ini cukup memiliki dampak yang signifikan dalam mengurangi toxicity di Overwatch. Pemain tentunya lebih senang dihujani apresiasi melalui fitur endorsement, daripada dihindari atau dihujani kritik yang berujung ban, seperti dari fitur sebelumnya, avoid player atau report player. Nah, menurut pendapatmu bagaimana? Apakah setelah update ini masih sering mendapatkan abusive chat, dan merasakan racun di Overwatch, atau sudah jauh berkurang? Share pengalamanmu di kolom komentar ya!


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+