Apa Saja Fitur Baru di Android 15 Nanti? Ini Informasi Terbarunya! – Update

Fitur Baru Di Android 15

Fitur baru di Android 15 – Sepertinya baru sekejap mata Android 14 rilis dan kini sudah ada informasi mengenai sistem operasi berikutnya dari Google. Memang untuk saat ini, Android 15 yang diberi kode nama Vanilla Ice Cream ini masih dalam masa awal pengembangan dan sedikit sekali informasi yang tersedia.

Meski baru akan rilis setidaknya pertengahan menuju akhir tahun nanti, berbagai rumor mengenai fitur apa saja yang akan rilis di Android tahun ini sudah mulai bertebaran. Ini pun lantaran versi pertama dari Android Developer preview sudah bisa diakses oleh publik.

Walau benar sudah bisa diakses oleh pengguna HP Google Pixel terbaru, bukan berarti hal ini disarankan karena versi Android ini masih dalam tahap awal dan bug maupun crash akan sangat sering ditemukan. Oleh karenanya, kami telah mengumpulkan apa saja yang bisa kalian temukan di update kali ini.

Catatan: artikel akan di update setiap ada penambahan fitur baru yang dibagikan oleh Google dalam update versi kedepannya.

Fitur Baru di Android 15, Inilah Rumor, Informasi, dan Bocoran Terbarunya!

Android 15 Developer Preview

Berikut adalah beberapa fitur yang mungkin akan tersedia di Android 15 lewat berbagai informasi yang tersebar:

1. Persentase Battery Health

Kesehatan baterai

Sudah lebih dulu hadir di Android 14 QPR2 Beta 2, sepertinya Android kali ini akan menambahkan persentase kesehatan baterai seperti layaknya iPhone.

2. Lockscreen Widgets

Lockscreen widgets

Kalau kalian adalah pengguna Android sejak lawas, mungkin masih ingat kalau Google pernah mendukung lockscreen widget di versi Android 4.2. Fitur ini lalu dihapus dan sepertinya ada tanda-tanda bakal rilis kembali di Android 15.

3. Private Space

Akhirnya bakal datang secara native

Fitur keamanan ini dirumorkan akan hadir di versi Android tahun ini. Pengguna bisa menyembunyikan aplikasi sensitif dalam 1 layer keamanan tambahan yang dinamakan Private Space. Butuh PIN, pola, kata sandi, atau biometrik untuk membuka akses keamanan ini.

4. Bluetooth Auracast

Auracast

Dikabarkan kalau Android terbaru nanti akan mendukung teknologi Auracast dari Bluetooth secara native. Kalian bisa membagikan audio ke beberapa headphone Bluetooth yang mendukung sekaligus.

5. App Archiving

Archive aplikasi

Fitur auto archiving sudah tersedia sejak Android 14. Namun semuanya masih terjadi secara otomatis oleh Play Store. Fitur ini membolehkan pengguna menghemat beberapa storage dan kabarnya di versi 15 nanti, pengguna bisa memilih kapan dan app apa saja yang perlu di-archive.

6. Easy Mode

Easy mode

Tak bisa dipungkiri, launcher pihak ketiga sudah lebih dulu mengimplementasikan fitur ini. Tapi, bukan berarti kalau fitur tersebut menjadi tidak diterima untuk dirilis di stock Android buatan Google. Buat kamu yang ingin tampilan Android lebih simpel dan ukuran icon lebih besar, fitur dimaksud sangatlah membantu.

7. Saved App Pairs

Split screen app pair

Kalau kamu adalah pengguna Android yang tidak bisa lepas dari multitasking, maka fitur ini bisa jadi sangat membantu kamu. Soalnya, sekarang kamu di pasang shortcut untuk membuka dua aplikasi yang berjalan sekaligus.

8. Powered Off Finding

Bisa lacak HP ketika mati

Tak dapat dipungkiri Apple masih lebih superior soal fitur tracking smartphone hilang. Android terbaru nanti akan memberikan fitur serupa yaitu bisa tracking smartphone dalam kondisi mati. Rumornya, fitur ini akan tersedia di Google Pixel 9 dan Pixel 8 nanti.

9. Deteksi Umur Penyimpanan Internal

Image 5 13

Lewat update terbaru Beta 1, Android 15 nanti sepertinya akan kedatangan fitur mendeteksi tinggal berap umur penyimpanan internal HP kalian. Tentunya hal ini sangat membantu buat memprediksi kapan saatnya mengganti HP baru.

Jadi itulah berbagai rumor baru tentang fitur dan fungsi baru di Android terbaru tahun ini. Google biasanya merilis Android terbaru eksklusif untuk ponsel Pixel dan berbagai brand yang telah kerjasama dengan mereka untuk awalnya. Pengguna perlu menunggu manufaktur ponsel mereka untuk merilis update OTA dan memastikan apakah ponsel tersebut mendukung update Android berikutnya.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version