Cukup Bersenandung, Fitur Baru YouTube Ini Tambahkan Cara Baru Mencari Lagu

Fitur Baru Youtube

Pasti pernah kita kebingungan dengan judul lagu yang kita ingat iramanya tapi tidak ingat lirik atau bahkan judul? Memang masih ada cara untuk mencari lagu hanya dengan humming atau bersenandung di aplikasi search Google atau bahkan menggunakan Shazam-nya Apple.

Ya, cara seperti itu memang kadang tidak efisien karena kita harus membuka aplikasi tambahan lagi setelahnya. Bagaimana kalau aplikasi layanan media video sudah diintegrasikan fitur sejenis ini? Google sepertinya punya solusi untuk kalian yang gunakan YouTube.

Fitur Baru YouTube Bolehkan Pengguna Bersenandung untuk Mencari Lagu

Sekarang ada cara baru untuk cari lagu

Benar, berdasarkan pengumuman langsung oleh Google, mereka sedang memasukkan fitur pencarian lagu baru dengan metode bersenandung pada aplikasi YouTube. Hingga tidak perlu lagi kita mencari lewat Google Search atau sejenisnya. 

Langkah ini tentu bagi sebagian orang sangat membantu mengurangi waktu pencarian. Syarat gunakan fitur ini juga sama dengan versi Google Search dimana suara yang direkam setidaknya harus 3 detik agar bisa dibaca oleh pendeteksi lagu.

Cukup bersenandung langsung ketemu lagunya

Ketika teridentifikasi, maka ia akan menampilkan pencarian yang relevan dengan lagu atau senandung yang kita rekam. Mulai dari video short maupun video yang berisikan suara tersebut akan ditampilkan.

Untuk saat ini, fitur ini hanya tersedia untuk sebagian kecil pengguna di sistem operasi Android saja. Mungkin yang tidak mendapatkan fitur ini harus menunggu lebih lama lagi agar fitur tersebut bisa dihadirkan seutuhnya untuk semua pengguna.

Teknologi 2020 yang Dikemas Ulang ke Aplikasi YouTube

Fitur yang sebelumnya ada di Google Search

Fitur ini juga seperti yang sudah kita sebut sebelumnya sudah pernah hadir di Google Search dan Assistant sejak tahun 2020. Bedanya dengan penambahannya di aplikasi YouTube secara terintegrasi ini lebih efisien dan sesuai saja.

Pengguna sudah tidak perlu lagi membuka Google Search hanya untuk mencari lagu dan bisa dilakukan di YouTube. Berharap saja kedepannya YouTube Music juga bisa menikmati fitur ini ya, brott. Bagaimana menurut kalian soal fitur ini?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version