[OPINI] Fitur Gameplay The Sims 5 yang Sangat Diharapkan Hadir di Game Simulasi Seru Ini

Fitur Gameplay yang harus ada di The Sims 5

Fitur Gameplay yang harus ada di The Sims 5

Franchise The Sims telah kuasai pasar game genre simulasi selama beberapa dekade. Dengan beredarnya kabar burung mengenai The Sims 5 yang sedang dalam tahap pengembangan, banyak pemain lawas mengharapkan gameplay yang serupa dengan The Sims 2 dan The Sims 3 daripada versi ke-4.

Dengan menambahkan fitur baru dan memperbaiki yang sudah ada, gameplay The Sims 5 harusnya akan menjadi game simulasi yang memenuhi ekspektasi para pemain, khususnya para ‘simmer veteran’.

Maka, melalui artikel ini, penulis akan paparkan opini mengenai fitur gameplay apa saja yang harus ada di The Sims 5. Yuk, simak bersama!

6. The Sims 5 Setidaknya Miliki Timeline yang Berkesinambungan dengan Versi Sebelumnya

Sosok Bella Goth yang Sangat Terkenal dan Ikonik di The Sims Universe

Kamu pasti terkejut begitu tahu bahwa sebenarnya The Sims miliki timeline. Benar, setiap versi The Sims miliki urutan timeline sebagai berikut :

Pernah dengan kisah tentang Bella Goth yang sangat ikonik? Setiap kisah tersebut sangat berkaitan dari versi ke versi. Mulai dari perkenalan karakter di The Sims 1 dan 2, kemudian dihadirkan The Sims 3 untuk menjelaskan awal mula seluruh rangkaian kejadian yang ada.

Bagaimana dengan The Sims 4? Versi ke-4 ini merupakan versi alternate universe-nya. Yang mana cukup menjelaskan mengapa pemain masih dapat menemukan sosok Bella Goth di sini. Atau seluruh kejadian yang pernah simmer temui di versi sebelumnya tidak terjadi di sini.

Kendati demikian, The Sims 4 miliki kisahnya sendiri yang tak kalah menarik untuk kamu telusuri dan ulik. Seperti keluarga Pancakes, misteri pembunuhan di San Myshuno, dan lain-lain.

Maka, The Sims 5 diharapkan akan miliki kisah yang berkesinambungan dengan series sebelumnya. Entah itu kelanjutan dari The Sims 3 atau meneruskan kisah dari The Sims 4.

5. The Sims 5 Harus Menjadi Game Simulasi Open-World! Setuju?

Fitur ‘Open-World’ yang pernah ada di The Sims 3

Game open-world sudah menjadi trend di komunitas gaming sehingga tak sedikit game dari berbagai genre termasuk The Sims menerapkan hal ini. Sebenarnya open-world pernah diterapkan di The Sims 3 dengan dihadirkannya world yang explorable, selain itu ia juga dilengkapi dengan expansion packs yang lebih bervariatif.

Sayangnya, fitur ini dihilangkan di The Sims 4. Meskipun hadir dengan desain serta visual yang lebih baik, tetap saja para simmer merasa ‘kebebasan‘ mereka direnggut. Belum lagi dengan keluhan : ‘Mau ke rumah tetangga saja harus ketemu loading screen dulu.’

Relate gak, brott?

4. Kembalikan Fitur Kendaraan yang Sempat Hilang ke Sims 5!

Kendaraan Seperti Mobil dan lain-lain harus ada di The Sims 5

Masih berbicara tentang fitur yang ada di The Sims 3, Maxis harus pertimbangkan untuk mengembalikan fitur kendaraan atau transportasi ke The Sims 5. Sebagai game simulasi, sudah sepantasnya The Sims 5 munculkan ‘esensi nyata‘ yang dimiliki manusia modern.

Sekali lagi, The Sims 4 tidak menghadirkan fitur transportasi ini. Hal ini menjadi masalah serius bagi para simmer karena The Sims 4 tidak lagi terasa realistis seperti seri sebelumnya. Maka, diharapkan The Sims 5 mampu mengembalikan esensi yang hilang ini agar gameplay terasa lebih menarik.

3. Fitur Life Stages yang Harus Lebih Realistis

Life Stage yang Lebih Realistis Ini Merupakan Ciptaan Modder

Life Stages di The Sims pada dasarnya menentukan usia karakter yang dibuat dan memungkinkan sim untuk memulai aktivitas baru seperti sekolah dan pekerjaan. Ketika The Sims 4 diluncurkan, terdapat life stage yang dihilangkan.

Sebagai contoh, ketika sim memiliki bayi, bayi tersebut nantinya akan langsung tumbuh menjadi anak – anak. Tentu saja hal ini merupakan suatu kemunduran di mana The Sims 4 mengabaikan stages toddler / balita. Membuat game ini menjadi semakin tidak realistis. Untungnya, hal tersebut telah diperbaiki meskipun memakan waktu yang cukup lama.

The Sims 5 miliki kesempatan untuk memperbaiki sistem aging ini, dan Maxis sebenarnya miliki beberapa pola untuk perbaiki ini. Fitur life stages yang normal (bayi > balita > anak-anak > remaja > dewasa > lansia) akan membuat The Sims 5 menjadi game simulasi yang lebih menarik.

2. Opsi Desain yang Lebih Realistis dengan Visual Menarik!

Fitur Color Wheel Yang Terkenal di The Sims 3

The Sims 3 menjadi series terbaik dengan banyaknya fitur yang memanjakan para pemain. Fitur kustomisasi yang inovatif di The Sims 3 dinilai sangat membantu bagi pemain untuk mendesain baik itu ruangan atau sim milik mereka.

Sebagai contoh, The Sims 5 dapat kembalikan fitur color wheel yang pernah ada di The Sims 3. Color wheel ini merupakan fitur yang sangat membantu para pemain untuk mengaplikasikan warna dengan kode atau RnB yang mereka inginkan. Sangat cocok untuk para simmer yang suka mendesain rumah atau hanya sekedar menciptakan karakter di mode CAS.

Hilangnya fitur ini di The Sims 4 tentunya menjadi kemunduran yang signifikan karena sekali lagi para pemain game simulasi merasa kebebasannya dibatasi bahkan tidak miliki kebebasan sama sekali untuk mengekspresikan idenya.

1. Fitur Multiplayer? Kenapa Tidak?

Bermain Menjadi Lebih Asik dan Gak Bosenin apabila Fitur Multiplayer Diadakan

Terakhir, The Sims 5 akan menjadi game simulasi tak terkalahkan apabila fitur yang satu ini ditambahkan! Bermula dari seorang modder yang mencoba membuat fitur multiplayer untuk The Sims 4, maka tidak sedikit pemain yang harapkan fitur yang satu ini akan hadir di franchise selanjutnya.

Terlebih lagi apabila game ini mengizinkan pemain untuk melakukan multiplayer secara online dengan sistem yang seimbang serta optimal. Pastinya The Sims 5 dapat merebut kembali kejayaan franchise The Sims yang sempat hilang.

Itulah fitur-fitur gameplay The Sims 5 yang diharapkan akan hadir. Sebenarnya, setiap versi tentu miliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. The Sims 4 boleh alami banyak pengurangan, namun ia memberi banyak peluang bagi para content creator untuk membuat gameplay menjadi lebih seru.

Selain dari keenam fitur di atas, kira – kira fitur apa lagi yang harus ditambahkan oleh developer, brott?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Berita Game atau artikel lainnya dari Sofie Diana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version