Fitur “LAN” di Xbox Series X/S Bisa Terhubung dengan Konsol Xbox Lama

in , , , , ,

Popularitas konsol Playstation saat ini mungkin lebih unggul dari pada Xbox. Namun, bukan berarti bahwa konsol buatan Microsoft itu tidak memiliki kelebihan tersendiri. Salah satu yang menjadi nilai jual dari Xbox yang sampai saat ini belum bisa tersaingi oleh Playstation adalah fitur Backward Compability. Fitur ini memungkinkan pengguna konsol untuk memainkan game Xbox terdahulu pada konsol generasi selanjutnya. Namun, hal itu ternyata lebih dari sekedar memainkan game lama di platform terbaru karena baru saja diketahui bahwa seluruh generasi Xbox dapat disambungkan melalui LAN dengan adanya fitur System-Link.

Fitur System-Link ini memungkinkan seluruh generasi Xbox mulai dari Original Xbox, Xbox 360, Xbox One, bahkan sampai Xbox Series X/S untuk bermain bersama melalui Local Area Network atau LAN. Seorang Youtuber Modern Vintage Gaming menunjukan cara kerja fitur tersebut menggunakan kabel ethernet. Ia juga menjelaskan fitur ini juga bisa dijalankan secara wireless, namun tidak disarankan karena koneksi akan menjadi tidak stabil. Youtuber tersebut mencoba menghubungkan game Crimson Skies secara bersamaan antar keempat konsol yang tentunya menggunakan fitur Backward Compability.

Game yang dijalankan pun terlihat tidak ada kendala sama sekali pada seluruh konsol. Pengaturannya pun juga cukup mudah. Hanya dengan memilih pilihan System-Link, keempat konsol langsung tersambung dan dapat segera dimainkan bersama. Untuk performa game, sama sekali tidak ada perbedaan yang signifikan antar keempat konsol. Semua menujukan framerate yang stabil dan waktu loading yang cukup cepat.

System-Link ini memang bukanlah salah satu fitur utama dari konsol Xbox, namun nampaknya Microsoft terus mengaplikasikan fitur ini di setiap Xbox bahkan hingga saat ini. Fitur ini juga bisa dijadikan alternatif bagi kalian yang mungkin masih memiliki konsol Xbox lama untuk bermain bersama dengan pengguna konsol next-gen.


Baca juga artike-artikel lainnya terkait Xbox serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Lauda Ifram

Written by Lauda Ifram

Enjoy gaming but suck at it.