10 Fitur Rahasia Android yang Tidak Banyak Pengguna Ketahui

Fitur Rahasia Android

Fitur Rahasia Android – Sistem operasi Android adalah salah satu dari dua OS yang sekarang merajai pasar smartphone. Selain punya diversitas dengan range harga yang luas, sistem operasi ini juga menyajikan fitur-fitur menarik menunjang penggunaan sehari-hari.

Jadi, OS Android milik Google sejatinya tidak kalah dalam fitur dibanding rivalnya iOS milik Apple. Tidak hanya fitur yang tampak di mata pengguna, sebenarnya ada beberapa fitur rahasia yang tersembunyi atau setidaknya tidak banyak pengguna ketahui.

Rahasia fitur Android ini tidak kalah menarik dan bermanfaat untuk kalian gunakan. Beberapa diantaranya bahkan tertanam langsung di pengaturan smartphonenya sendiri. Kalau kalian penasaran kami sudah mengumpulkan beberapa fitur rahasia Android yang bisa kalian coba gunakan. Tanpa basa-basi mari kita bahas sekarang.

Sedikit disclaimer: karena Android mempunyai berbagai versi dan ragam launcher yang berbeda tiap OEM, maka kami tidak bisa menjamin fitur di artikel ini akan kalian temukan atau tata letaknya sama persis dengan ponsel Android kalian.

Fitur Rahasia Android yang Tidak Banyak Pengguna Ketahui

Fitur rahasia Android yang jarang diketahui

Berikut adalah fitur-fitur rahasia di Android yang tidak banyak pengguna tahu:

1. Akhiri Panggilan dengan Tombol Daya

Cukup tekan power untuk matikan panggilan

Tahukah kalian ada cara yang lebih praktis untuk mematikan panggilan yang berlangsung selain dengan menyentuh tombol end call dalam layar. Kalian bisa gunakan tombol daya sebagai penggantinya. Cara mengaktifkan fitur ini kalian tinggal buka pengaturan, lalu pilih aksesibilitas, lalu pilih aktifkan toggle tombol daya mengakhiri panggilan.

2. Launch App dalam Floating Tab

Bisa Launch banyak app sekaligus dalam 1 layar

Android memberikan kebebasan untuk membuka aplikasi dalam floating tab kecil yang tidak memakan seluruh layar. Caranya dengan pergi ke developer options, lalu tinggal scroll sampai menemukan opsi freeform windows lalu restart ponsel kalan sekali. Setelah itu tinggal masuk ke recent apps dan tekan ikon appnya di pojok atas dan pilih freeform. Kalian bisa mengatur seberapa besar apps memenuhi layar dengan fitur ini.

3. Print dari Android

Bisa print dari HP

Kebutuhan printing sekarang semakin diperlukan. Makanya Android juga sebetulnya dibekali dengan teknologi Printing secara wireless. Kalian tinggal tekan tombol share pada dokumen dan pilih opsi print lalu pilih printer kalian yang sudah terhubung.

4. Gunakan Mouse dan keyboard di Android

Bisa gunakan mouse dan keyboard

Ingin menjadikan smartphone Android kalian layaknya sebuah PC? Kalian bisa lakukan ini dengan mengkoneksikan mouse dan keyboard wireless kalian ke ponsel Android. Caranya pun sama seperti kalian mengkoneksikan perangkat Bluetooth lainnya dan dengan beberapa langkah mudah, kalian sudah bisa gunakan mouse serta keyboard Bluetooth ke ponsel Android.

5. Google Search Sebagai Pengganti Shazam

Alternatif Shazam

Pernahkah kalian ketika sedang jalan-jalan dan mendengar sebuah lagu dari speaker kejauhan namun tidak tahu judul lagunya? Biasanya bisa kalian akali dengan menginstall Shazam. Tapi sebenarnya fitur ini sudah ada di Android secara default dan jadi fitur Android rahasia. Tinggal kalian buka aplikasi Google lalu tekan logo mikrofon pada pencarian dan pilih telusuri lagu untuk mendeteksi lagu yang sedang diputar pada pengeras suara.

6. Pindah Tab di Chrome dengan Mudah

Cara mudah ganti-ganti tab

Pengguna Google Chrome di Android yang sering membuka dan berpindah-pindah tab sekaligus dalam satu waktu tentu merasa malas harus berpindah tab dengan menekan tombol tab selection terlalu sering. Ada cara yang lebih mudah yaitu tinggal swipe ke kanan atau kiri saja pada kotak bertulisan website dan kalian akan langsung berpindah tab ke sampingnya, mudah ‘bukan?

7. Balik HP untuk Senyapkan Dering

Balik HP untuk senyapkan panggilan

Terkadang jika kita sedang disibukkan dengan pekerjaan yang banyak lalu ada yang tiba-tiba telepon tentu membuat diri ini kesal. Pilihan senyapkan notifikasi panggilan juga bukan sebuah opsi apalagi ketika kita menunggu panggilan dari atasan misalnya.

Ada cara yang lebih gampang dengan memanfaatkan fitur balik HP ke posisi telungkup untuk senyapkan dering. Caranya adalah masukkan keyword: gestur pada pencarian di pengaturan lalu cari opsi senyapkan dengan gesture.

8. Fitur Grid Line pada Kamera

Fitur garis kisi yang membantu

Fitur rahasia Android lainnya yang pengguna banyak tidak gunakan adalah fitur grid line pada kamera bawaan. Dengan mengaktifkan grid line kalian akan mendapatkan komposisi lebih akurat dengan menentukan titik fokus yang ingin kalian utamakan.

Dengan begitu hasil jepretan kalian jadi lebih kelihatan profesional. Biasanya tinggal masuk ke pengaturan pada app kamera dan pilih aktifkan garis kisi.

9. Akses Simbol pada Gboard dengan Mudah

Trik cepat akses simbol di Gboard

Jika kalian masih menekan tombol simbol pada Gboard untuk berpindah dari mode qwerty ke simbol, mungkin kalian perlu mengamalkan fitur Android ini untuk sedikit menghemat waktu. Caranya ada kalian tinggal hold tombol simbol dari swipe ke simbol yang kalian ingin munculkan lalu lepas.

10. Matikan Caller ID

Cara matikan Caller ID

Ada cara untuk menghilangkan nama penelpon panggilan ketika kita mencoba menelpon. Caranya juga cukup simpel tinggal tekan #31#nomor HP penerima pada dial dan kalian akan menghilangkan ID penelpon.

Jadi itulah beberapa fitur rahasia Android yang mungkin berguna bagi kalian. Apakah kalian masih ada trik khusus yang bisa membantu penggunaan Android jadi lebih berguna lagi? Beri tahu kami di kolom komentar ya, brott.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version