Fitur Ray Tracing Far Cry 6 Eksklusif Hanya di PC

Far Cry 6 Cover
Ubisoft takkan merilis fiturnya ke console.

Sejak pengenalan fitur ray tracing oleh NVIDIA untuk gaming dengan visual lebih oke, console next-gen atau lebih tepatnya disebut current gen seperti PlayStation 5 dan Xbox Series dianggap mampu menjalankannya dengan tanpa masalah.

Hal ini tentu saja berkat spesifikasinya yang lebih tinggi jika dibandingkan console sekelas PlayStation 4 dan Xbox One. Kedua produsen juga pastikan untuk kembangkan gamenya menjadi lebih mudah berkat dukungan tak hanya dari sistem console, namun juga tim teknis mereka.

Sayangnya, ray tracing sepertinya takkan bisa dinikmati pemilik console di game terbaru Ubisoft, Far Cry 6.

Berbicara kepada Wccftech, 3D Team Lead Programmer Ubisoft, Stephanie Brenham menjelaskan bahwa ray tracing dan AMD FidelityFX Super Resolution (FSR) hanya akan eksklusif di PC saja, sementara console fokus pada 4k/60fps.

Versi PC gamenya akan miliki hybrid ray traced reflection via DXR (DirectX Ray tracing) dan SSLR (Screen Space Local Reflections). Ini mungkinkan Far Cry 6 bisa jalankan ray tracing di PC kelas menengah. “Dengan begitu, player bisa menikmati ray tracing meskipun hardware mereka terbatas karena tak bisa menggunakan SSLR”, jelasnya.

Teknologi tersebut tak mengubah spesifikasi minimum Far Cry 6. Ray tracing direkomendasikan Ubisoft untuk berjalan di resolusi 1440p/60fps dengan tentu saja hardware yang super langka yakni NVIDIA RTX 3070 dan AMD RX 6900 XT.

Brenham melanjutkan bahwa FSR AMD adalah teknologi yang mereka implementasikan dengan resmi bekerjasama bersama AMD. Namun pengguna NVIDIA tak perlu khawatir karena kartu grafis si hijau juga mendukung FSR untuk gantikan DLSS milik NVIDIA dan stabilkan ray tracing.

Far Cry 6 akan dirilis tanggal 7 Oktober 2021 di PC (EGS dan Ubisoft Connect), PlayStation 4/5, Xbox One/Series X/S, Google Stadia, dan Amazon Luna.


Baca lebih lanjut tentang Far Cry 6, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: author@gamebrott.com

Exit mobile version