10 Fitur Resident Evil 4 Remake Baru Serta Perbedaannya dengan Versi Original

Fitur Resident Evil 4 Remake

Fitur Resident Evil 4 Remake – Resident Evil 4 Remake baru saja rilis (24/3) dan fans tampaknya sudah tidak sabar untuk mencoba sebuah seri remake yang sudah lama ditunggu oleh fans RE seantero dunia. Game survival horror ini akhirnya bisa dicicipi gamer dan menjadi lanjutan dari Remake series game besutan Capcom ini.

Perubahan grafis dan mekanik tentu ditawarkan pada Remake kali ini dan banyak sekali yang berbeda dari segi combat yang kini dibuat lebih modern. Perubahan ini pun sebenarnya tidak terelakkan mengingat game dengan grafis imersif harus dibarengi dengan fitur yang lebih imersif pula.

Fitur Resident Evil 4 Remake dan Perbedaannya dengan Original yang Perlu Kalian Ketahui

Fitur baru di RE4 Remake yang berbeda dibanding versi original

Tapi apa saja penambahan dan perubahan yang terjadi di Resident Evil 4 Remake? Berikut ada sejumlah perbedaan yang kami temukan dari Resident Evil 4 Remake dan versi originalnya. Tidak perlu basa-basi mari kita mulai saja artikelnya.

1. Lighting dan Suasana yang Lebih Realistis

Suasana lebih mencekam dengan grafis modern

Perubahan yang paling gampang terlihat adalah tentu saja pada grafis. Sesuai judulnya, seri remake menyesuaikan grafis dengan standar game zaman sekarang. Dan tentunya ambience seperti hujan, kabut, dan lain sebagainya tentu harus hadir.

Beberapa bagian peta juga ditambah untuk menambah imersifnya game ini serta tambahan fitur seperti senter untuk mengarungi tempat gelap untuk menambah tensi game survival horor ini. Perubahan yang sudah diekspektasi namun masih relevan untuk dibahas.

2. Melee Combat yang Semakin Dipoles

Pisau militer super kuat

Kalian tentu masih ingat dengan pisau militer yang selalu dibawa Leon di Resident Evil 4 original. Di remake-nya masih punya fungsi yang sama namun tentunya ada beberapa penambahan.

Combat dengan knife kini punya variasi bisa melakukan parry (yang pada demo kemarin diperlihatkan bahkan bisa parry chainsaw).  Kalian juga bisa menguntit dan melakukan stealth kill kepada para Ganados atau villager secara diam-diam. Namun fitur ini tentu punya batasan berkat hadirnya durability. Setiap kali kalian melakukan aksi dengan pisau maka senjata tersebut akan berkurang ketahanannya hingga rusak dan kalian tidak bisa menggunakannya kembali sampai diperbaiki di The Merchant.

Tingkat durabilitas yang berkurang tentu berbeda-beda setiap aksi. Jika kalian melakukan tikaman dari belakang secara diam-diam hanya akan mengurangi durability pisau sedikit saja. Block atau parry juga hanya akan berkurang sedikit. Menusuk musuh ketika akan bangun akan mengurangi durability menengah, dan menusuk musuh untuk lepas dari cengkraman akan menguras banyak durability.

Pisau dapur juga bisa dijadikan alternatif hanya saja begitu rusak tidak bisa diperbaiki dan punya durability meter yang cukup kecil.

3. Ucapkan Selamat Tinggal pada QTE

Banyak adegan yang sudah tidak menggunakan QTE

Resident Evil 4 memang menyajikan berbagai cutscene dengan menggunakan QTE.  Untuk ukuran game tahun 2023 tentu QTE adalah hal yang membosankan dalam sebuah game karena menghilangkan element imersif. Untungnya banyak adegan yang sebelumnya menggunakan QTE kini sudah dihilangkan atau digantikan oleh combat nyata.

Walau masih ada beberapa bagian yang membutuhkan QTE seperti ketika melepaskan diri dari cengkraman musuh, setidaknya fitur tersebut sudah tidak hadir di combat yang lebih spesifik dan terhubung ke jalan cerita.

4. Auto-Save Sudah Hadir di Resident Evil 4 Remake

Sudah tersedia auto-save seperti game modern

Sekarang kalian sudah tidak perlu lagi begitu bergantung pada typewriter ketika mau melakukan save karena game ini sudah menghadirkan fitur autosave seperti game modern pada umumnya. Namun jika kalian ingin pengalaman yang lebih otentik seperti game aslinya, difficulty Profesional akan menghilangkan auto-save.

5. Ada Fitur Stealth Namun Tidak Wajib

Ada opsi stealth di versi Remake

Resident Evil 4 Remake kini juga menghadirkan fitur stealth untuk menghindari Ganados yang tentunya bukan style gameplay tiap orang. Berita baiknya, tidak ada scene atau area khusus yang mengwajibkan harus bermain secara stealth.

6. Bisa Gerak Sambil Bidik

Bisa bergerak sambil bidik, asyik

Fitur yang sudah seharusnya ada di game zaman sekarang. Mengingat keterbatasan hardware dan sejenisnya di versi original, kali ini Leon sudah bisa bergerak sambil membidik yang sebelumnya tidak ada di versi RE4 Original. Jadi sekarang kalian sudah bisa bidik sambil jalan dan tidak hanya menggerakkan kamera saja. Akhirnya ya, brott.

7. Side Quest yang Lebih banyak Variasi

Side mission lewat Request Notice

Jika di RE4 original kalian hanya diberikan side quest terbatas hanya menembak Blue Medallion. Kali ini ada tambahan fitur bernama Request Notes. Memang side quest menembak medali biru tersebut masih tersedia tapi kini ada berbagai variasi lain yang ditambahkan. Jadi berkunjung kembali ke area sebelumnya jadi jauh lebih berguna di versi remake.

8. Mini Game Shooting range yang Dirombak

Mini game yang diubah

Kalian tentu masih ingat dengan mini game Shooting Range yang hadir di versi original. Pada versi remake pun game ini mengalami perubahan. Gameplay-nya masih sama hanya saja cara kerja mendapatkan hadiahnya sedikit diubah dan kalian bisa mendapatkan buff dari mini game ini. Kami tidak akan membocorkan lebih lanjut, sebaiknya kalian coba sendiri karena lumayan seru juga.

9. Pacing dan Cerita yang Sedikit Diubah

Pacing cerita sedikit diubah

Perbedaan Resident Evil 4 Remake dengan original, gameplay jadi lebih smooth karena semuanya bekerja hampir secara real time. Berkat itu pacing cerita jadi terasa lebih cepat dan responsif. Beberapa karakter juga diberikan narasi yang sedikit berbeda dibanding game originalnya. Biar tidak spoiler, ada baiknya kalian coba sendiri.

10. Ashley Jadi Lebih Fleksibel

Ashley kini lebih fleksibel di Remake

Tidak seperti game original, kini Ashley punya dua command utama yang bisa kita suruh. Yang satu adalah menyuruhnya tetap berada di belakang Leon dan satu lagi menyuruhnya bersembunyi dari musuh. Walau sebenarnya sangat bergantung pada kondisi yang sedang dihadapi dan musuh yang sedang dilawan.

Jadi itulah 10 fitur baru di RE4 Remake yang mengalami perubahan dari versi originalnya. Apakah kalian tertarik memainkan game ini, brott? Beri pendapat kalian ya.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait RE atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version