Fitur Ringkas Video YouTube dengan AI dalam Fase Eksperimen

ringkas video youtube

Kehadiran AI memang ditujukan untuk membantu manusia dalam pekerjaan. Tapi, bagaimana kalau hal yang sama juga berlaku untuk bidang hiburan. Bukan soal bagaimana video disajikan agar lebih enak ditontong atau apapun.

Melainkan bagaimana cara mengumpulkan informasi dalam seatu video tanpa perlu menonton seutuhnya. Hal inilah yang sedang dicoba oleh YouTube dalam implementasi fitur terbaru mereka di platform penyedia video on demand tersebut.

Fitur Ringkas Video YouTube AI Maksimalkan Kemampuan Chatbot Bard

Ada eksperimen baru untuk pengguna YouTube

Melansir Techradar, dengan bantuan AI Google Bard, kini pengguna bisa merangkum apa saja informasi yang ada di video dan komentar YouTube tanpa perlu menonton atau membaca semuanya. Fitur ini hadir dalam bentuk chatbot layaknya Bard pada umumnya, hanya saja langsung tersedia di YouTube.

Hanya saja, tidak semua pengguna bisa menggunakan fitur ini. Ada syarat dan durasi yang perlu diperhatikan. Mulai dari yang pertama, kalian harus berlangganan YouTube Premium dulu. Baru, kalian harus tinggal di Amerika Serikat dan berumur setidaknya 18 tahun keatas.

Selanjutnya, fitur ini baru tersedia untuk YouTube versi Android dan hanya akan tersedia sebagai uji coba hingga tanggal 15 Desember ini. Mengisyaratkan kalau fitur tersebut masih dalam tahap eksperimen dan belum akan dirilis secara resmi.

Chatbot Bisa Diminta Rangkum Poin Penting di Video

Chatbot sedang beraksi

Ditambah lagi tidak semua video YouTube juga dapat diringkas oleh AI baru ini. Pasalnya, hanya beberapa video yang “memenuhi persyaratan” saja yang akan ditampilkan chatbot untuk meringkas konten. Namun, jika semua persyaratan di atas terpenuhi, kalian bisa mulai berbicara dengan chatbot tersebut.

Kalian bisa memulai menuliskan perintah yang berhubungan dengan isi konten video YouTube dimaksud. Atau kalian bisa langsung menekan prompt yang sudah disediakan sejak awal. Sebagai contoh jika kalian meminta AI-nya meringkas isi video, maka chatbot tersebut akan membalas pesan dengan menuliskan apa saja poin penting yang dibicarakan di video YouTube dimaksud.

Chatbot diminta meringkas isi video dalam 1 paragraf

Bagaimana menurut kalian brott? Apakah fitur ini berguna? Coba beri komentar kalian soal ini.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version