TV Mode Zenless Zone Zero – Dalam beberapa hari terakhir, komunitas game Zenless Zone Zero sedang ramai membicarakan salah satu fitur gameplay yang ada di game ini. Fitur tersebut adalah TV Mode yang menjadi salah satu elemen dalam melakukan eksplorasi.
Banyak dari Player menyukai mode tersebut karena memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan game miHoYo lainnya dan juga menjadi ciri khas dari Protagonist utama sebagai seorang Proxies. Namun tidak sedikit pula dari mereka merasa kurang suka dengan fitur TV Mode dan lebih prefer eksplorasi langsung ketimbang hadir dalam mode dengan istilah Board Map seperti itu.
Berbagai macam opini pro dan kontra terkait fitur TV Mode Zenless Zone Zero. Pada kesempatan kali ini, saya mencoba mengutarakan pendapat pribadi terkait topik fitur TV Mode di ZZZ. Pendapat saya ini berdasarkan pengalaman yang sudah memainkan beberapa game utama miHoYo, seperti Honkai Impact 3rd, Genshin Impact, Honkai Star Rail, dan Zenless Zone Zero.
Daftar isi
Apakah Fitur TV Mode Zenless Zone Zero Perlu Dihilangkan atau Tidak?
Baiklah kita mulai saja pembahasannya.
Apa itu TV Mode Zenless Zone Zero?
TV Mode Zenless Zone Zero adalah istilah yang menunjuk pada fitur bernama Hollow Deep Dive (HDD) System. Berdasarkan lore di dalam game, sistem ini menjadi alat dimana Proxies dapat melakukan eksplorasi ke dalam area Hollow dengan menggunakan Banboo Assistant bernama Eous yang telah sinkronisasi.
Pada area Hollow, Player akan melihat area lokasi divisualisasikan seperti sebuah Board dengan banyak TV. Masing-masing TV akan memperlihatkan gambar yang mewakili berbagai macam interaksi, mulai dari musuh, item, benda, dan masih banyak lagi yang biasanya berhubungan langsung dengan misi yang dijalankan.
Pada situasi tertentu, salah satu Board TV akan masuk ke mode eksplorasi total dimana Player akan menggunakan karakter Agent yang dibawa. Pada saat inilah sistem Battle akan menjadi kunci utama dalam permainan ZZZ disertai beberapa misi dan Puzzle yang harus diselesaikan.
Sistem Board Map dalam Video Game
Sebenarnya fitur Board Map seperti ini di dalam video game sudah menjadi fitur yang sangat umum. Tidak hanya di game mobile gacha seperti ZZZ saja, bahkan game-game di konsol, handheld dan PC pasti ada mode Board seperti ini. Tidak ada batasan apakah itu game kualitas AAA maupun Indie sekalipun.
Mari kita ambil contoh gampang dulu game gacha sejenis ZZZ yang menghadirkan fitur Board Map, seperti Honkai Impact 3rd sebagai game yang sama-sama dibuat oleh miHoYo.
Fitur utama Honkai Impact 3rd adalah action RPG sama seperti ZZZ dengan sistem cerita atau eksplorasi yang dipisah-pisah berdasarkan Chapter atau node. Kemudian di dalamnya, Player baru bisa bergerak bebas menggunakan karakter untuk bertarung ataupun menjalankan misi yang diberikan.
Sementara untuk game lainnya saya bisa mengambil banyak sekali contoh, mulai dari Blue Archive, Girls’ Frontline, Granblue Fantasy, Fate/Grand Order, Kantai Collection, dan lainnya.
Setiap game tersebut memiliki fitur dimana eksplorasi digambarkan seperti sebuah papan dengan titik-titik tertentu untuk bertarung, ekspedisi, ataupun memeriksa area itu. Dan biasanya ketika Player mengunjungi area tersebut, maka sistem Battle utama dari game akan hadir.
Tidak jarang juga ada semacam gimmick yang perlu dilakukan untuk bisa melewati titik tersebut pada Map agar bisa diselesaikan ataupun dilewati, seperti halnya pada game Kantai Collection atau Girls’ Frontline (PTSD Penulis).
Jadi bagi saya pribadi, sistem Board Map seperti ini bukanlah sesuatu yang mengagetkan dalam video game.
Adaptasi Fitur dari Pendahulunya
Bisa dikatakan fitur Board Map yang ada di ZZZ merupakan adaptasi dari game Honkai Impact 3rd dengan menghadirkan tema dan eksekusi permainan yang lebih unik. Apalagi tema seperti itu cocok dengan lore yang ada di dalam gamenya dimana Proxies bergerak di area Hollow dengan menggunakan Banboo duduk di depan layar.
Dari awal bermain ZZZ, saya sudah merasa kalau game ini lebih condong mengikuti jejak Honkai Impact 3rd ketimbang game miHoYo lainnya. Apalagi melihat sistem Board Map seperti itu. Meskipun begitu, beberapa elemen dari game miHoYo lain pastinya bakal diadaptasi juga di ZZZ, terlebih dari segi grinding dan farming-nya.
Alasan TV Mode Zenless Zone Zero Tidak Disukai Beberapa Kalangan Gamer
Pada saat menulis aritkel Opini ini, saya juga sudah mencoba menelusuri apa saja alasan Gamer tidak menyukai fitur TV Mode di Zenless Zone Zero. Kebanyakan dari mereka mengatakan kalau mode ini terasa bosan dan lebih prefer eksplorasi langsung ketimbang digambarkan seperti sebuah papan ber-TV seperti ini.
Alasan lainnya adalah mode ini masih terasa lambat pace permainannya sehingga terkadang untuk satu misi Main Story ataupun Side Quest di area Hollow yang bisa menghabiskan waktu kira-kira sekitar 10-15 menit bahkan lebih.
Alasan yang sudah dijelaskan tadi merupakan pendapat yang paling dominan saya temukan di internet ketika Gamer membahas fitur TV Mode di ZZZ. Masih banyak alasan lain yang saya temukan dan alasan tersebut membahas ke arah performa, seperti Loading yang lama, dialog yang lambat, dan masih banyak lagi.
Apa Jadinya Jika Fitur TV Mode Zenless Zone Zero Dihilangkan?
Dari alasan-alasan yang sudah saya jelaskan tadi berdasarkan hasil penelusuran di komunitas, tidak heran jika beberapa dari Gamer ingin fitur TV Mode dihilangkan dari game ZZZ. Namun apa jadinya jika fitur tersebut benar-benar akan dihilang dari ZZZ?
Kemungkinan terburuk jika fitur TV Mode Zenless Zone Zero dihilangkan adalah hilangnya identitas dari game itu sendiri. Karena mau tidak mau, fitur tersebut menjadi bagian fitur utama di ZZZ dalam melakukan eksplorasi.
Coba saja bayangkan jika fitur eksplorasi Open World yang ada di Genshin Impact dihilangkan dan diganti dengan Board Map. Pastinya identitas game ini sebagai game Open World otomatis juga ikut hilang karena itu menjadi fitur utama dimiliki oleh Genshin Impact.
Atau contoh lainnya game seperti Blue Archive, Girls’ Frontline, dan Kantai Collection dihilangkan fitur Board Map, diganti dengan dialog ala Visual Novel dan ada pilihan yang bakal menentukan mau pergi ke arah mana.
Itu beberapa contoh kondisi apa jadinya jika fitur utama di dalam game yang sudah menjadi ciri khasnya dihilangkan dan diganti dengan mode lain.
Mari kita ambil contoh kasus apa jadinya jika fitur TV Mode diganti dengan full eksplorasi atau mungkin dikasih fitur Open World sesuai dengan keinginan beberapa Gamer di komunitas. Atau setidaknya dihadirkan mode terpisah antara TV Mode dengan full eksplorasi Open World.
Jika fitur seperti ini beneran diimplementasikan di dalam game Zenless Zone Zero, maka hal yang akan terjadi akan berpengaruh pada Total Size game-nya. Total Size game Zenless Zone Zero saat ini sebesar 20 GB lebih di Android, 26 GB lebih di iOS, dan 50 GB lebih di PC.
Perlu kalian ketahui saat game ZZZ rilis, banyak Gamer mengeluhkan betapa besarnya total size game ini. Banyak yang mengatakan game ini tidak ada fitur Open World, tapi punya size game sebesar itu. Nah, jika fitur eksplorasi yang lebih leluasa dibandingkan TV Mode hadir di Zenless Zone Zero baik itu dipisah atau digantikan, bakal seperti apa total size gamenya nanti.
Jika saya gambarkan total size game Zenless Zone Zero, kemungkinan total size dengan fitur yang diinginkan beberapa Gamer bisa jadi mirip atau lebih dari pendahulunya, yaitu Honkai Impact 3rd. Game Honkai Impact 3rd yang punya banyak mode eksplorasi permainan termasuk Open World yang simpel saja bisa mencapai 30 GB lebih di Android.
Ini baru dari segi size game, belum lagi soal performa dan peningkatan untuk menjaga kualitas yang ada di game. Kira-kira seperti itu contoh kalau fitur TV Mode Zenless Zone Zero dihilangkan dan digantikan dengan fitur lain yang punya eksplorasi lebih luas seperti Open World.
Tidak Perlu Dihilangkan, tetapi Perlu Ditingkatkan
Jika kalian bertanya apakah saya ingin fitur TV Mode Zenless Zone Zero dihilangkan atau tidak, saya akan menjawab tidak. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fitur TV Mode di ZZZ sudah menjadi ciri khas utama yang ada di game. Menghapus fitur tersebut sama saja menghapus identitas dari game itu sendiri.
Sampai saat ini di Chapter 3, saya masih bisa menikmati mode permainan dan juga gimmick yang ada di Zenless Zone Zero, baik itu Main Story ataupun Side Quest. Namun bukan berarti fitur ini sempurna dan tidak memiliki kekurangan sama sekali.
Justru menurut saya pribadi, fitur TV Mode di ZZZ perlu ada peningkatan dengan memberikan elemen yang tidak monoton. Dan jangan sampai gimmick yang sama terus digunakan hampir dikebanyakan misi di dalam game.
Perihal pace gameplay dan performa di TV Mode, saya rasa game ini juga perlu ditingkatkan lagi kedepannya. Tidak hanya Gamer saja, bahkan saya sendiri merasa ada saat dimana game ini terasa lambat, terlebih dari performa loading ketika game masuk ke mode eksplorasi dan bertarung.
Jika kita pahami pernyataan dari tim developer mengenai rencana mereka meningkatkan fitur permainan Zenless Zone Zero, maka besar kemungkinan TV Mode ini juga masuk dalam rencananya. Apalagi itu merupakan fitur utama yang sulit dihilangkan dari dalam game.
Itulah tulisan Opini dari saya seputar fitur TV Mode Zenless Zone Zero perlu dihilangkan atau tidak seperti apa yang dikatakan beberapa gamer terkait fitur ini. Menurut kalian sendiri, apakah fitur ini perlu dihilangkan atau tidak?
Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait ZZZ atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.