Fortnite: Battle Royale Dikembangkan dalam Waktu Hanya 2 Bulan

Fortnite BR 50v501

Sebelum dapatkan mode battle royale, Fortnite awalnya hanyalah game PvE dimana kamu bertahan hidup dari horde musuh dengan mekanik membangun didalamnya. Bisa dikatakan game tersebut tak laku dan terancam “mati setelah baru rilis” layaknya Battleborn dan Lawbreakers. Namun mendadak popularitas Fortnite naik drastis setelah mamfaatkan kesuksesan dari battle royale dari Playerunknown’s Battlegrounds. Berapa lama waktu yang dibutuhkan Epic Games untuk buat mode ini? Ternyata tergolong sebentar.

Dilansir dari PC Gamer, Ed Zobrist dari Epic Games mengungkapkan jika proyek battle royale dari Fortnite dikerjakan tepat setelah game utama berjudul “Save the World” dirilis. Save the World dirilis pada 21 Juli 2017, dan Battle Royale dirilis pada 26 September 2017, yang berarti mode ini hanya memakan waktu 2 bulan untuk Epic Games selesaikan.

Keberhasilan Epic Games untuk mengembangkan mode ini dalam waktu cepat adalah keterlibatan dari veteran Unreal Tournament yang berikan banyak pengalaman dan ide akan elemen PvP seperti apa yang cocok untuk game yang awalnya hanya fokus pada elemen PvE mereka.

Pada awalnya Battle Royale akan dijadikan game berbayar bersamaan dengan Save the World, namun karena mode PvE tersebut masih berada dalam tahap early access dan popularitas game tersebut terlalu kecil, Epic Games takut jika mereka akan lakukan kesalahan fatal yang sama untuk kedua kalinya. 2 minggu sebelum rilis, Epic Games memutuskan untuk membuat battle royale sebagai game yang terpisah dari Save the World dan akan dirilis sebagai Free-to-play.

Fortnite: Save the World telah dikembangkan selama 7 tahun mulai dari tahun 2011 kemarin. Game ini dulunya diklaim sebagai game paling ambisius yang Epic Games akan rilis. Lucunya adalah proyek 7 tahun ini diselamatkan oleh proyek yang dibuat dalam 2 bulan, dan kini fokus dari Epic sendiri tak lagi pada game utama yang mereka kerjakan bertahun-tahun tersebut, tetapi pada mode opsional yang pada awalnya hanya dibuat untuk promosikan game utama mereka.

Fortnite Battle Royale dikabarkan telah kantongi keuntungan yang lebih tinggi dari PUBG yaitu $126 juta yang dimana PUBG mengantongi $103 juta. Tak hanya itu, popularitas game ini di Twitch juga kini menjadi yang tertinggi mengalahkan PUBG dan beberapa game populer lainnya seperti Overwatch dan League of Legends.

Source: PC Gamer

Exit mobile version