Fortnite Battle Royale Hadirkan “Ping System” ala Apex Legends

in , , ,
Ping system Apex Legends diadaptasi Fortnite.

Kesuksesan salah satu franchise terkadang buat banyak developer yang tak terpikirkan untuk membuatnya mengadaptasi salah satu elemen menarik yang dihadirkannya. Terlebih, elemen tersebut tak bisa miliki hak cipta yang berarti ia bisa diadaptasi oleh banyak game serupa. Hal inilah yang terjadi pada Fortnite Battle Royale setelah sempat “digusur” oleh Apex Legends.

Fortnite Battle Royale memang kerap membuat masalah berkat kasus tariannya, tak jarang Epic Games harus memenuhi permintaan gugatan para pelopornya ke meja hijau. Meskipun begitu, nampaknya mereka masih belum kapok untuk hadirkan semua hal yang populer saat ini. Salah satunya adalah ping system milik Apex Legends. Seperti yang telah kita ketahui, game buatan Respawn Entertainment tersebut miliki ping system yang akan memberitahukan rekan satu timmu akan equipment yang kamu temukan di penjuru map. Fitur praktis tersebut rupanya diadaptasi oleh Epic Games di Fortnite Battle Royale seperti yang ditemukan oleh YouTuber TmarTn di akun Twitternya.



Berbeda dengan Apex Legends, karakter Fortnite tak berbicara sama sekali. Oleh karenanya Epic Games menemukan cara ampuh untuk mengatasinya. Senjata, ammo, dan beberapa item lain yang di ping akan miliki warna yang berbeda-beda termasuk iconnya saat ping dilancarkan, ia juga akan tunjukkan jarak antara item denganmu atau orang yang kamu beritahu. Sementara, suara sirine akan berbunyi apabila kamu melakukannya untuk memberitahu bahwa ada musuh di luar sana.

Ping system sebelumnya hadir di seri Battlefield untuk memberitahu rekan satu tim dan skuadronmu akan adanya musuh yang ditemukan. Sistem ini kemudian diadaptasi oleh Apex Legends namun tak hanya untuk memberitahu musuh, melainkan senjata dan equipment yang ditemukan di sepanjang map.


https://www.youtube.com/watch?v=KJJzI47TBrQ


Tak hanya ping system, sebelumnya Epic Games juga akan pertimbangkan sistem respawn agar kamu bisa menghidupkan kembali rekan satu timmu. Sebuah sistem yang sama persis seperti yang dimiliki oleh Apex Legends saat ini. Hingga tulisan ini ditulis, Respawn Entertainment tidak atau belum memberikan komentar apapun tentang adaptasi tersebut. Namun kamu bisa mengikutinya agar tahu kelanjutan kisahnya.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Japanese related video games articles. I have no friends. Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below.