Fortnite dan Genre Battle Royale Menjadi Inspirasi Utama untuk Activision Kedepannya

in , , ,

Genre battle royale mungkin sekarang tengah berada di kejayaannya. Setelah menjadi fenomena yang meledak sepanjang tahun 2017 lalu yang dipelopori oleh PlayerUnknown’s Battlegrounds, kini telah banyak publisher dan developer lain untuk ikut terjun ke dalam hype train dari genre ini. Di tahun 2018 kelihatannya battle royale masih menjadi perhatian utama industri game dunia. Bahkan publisher raksasa Activision pun mengatakan bahwa mereka terinspirasi dari tren battle royale ini. Setelah sempat melejit lewat game FPS-shooter yang dikembangkan BlizzardOverwatch, Activision memang tengah mengalami penurunan setelah era battle royale ini meledak.

Disampaikan oleh sang CEO Bobby Kotick ketika diskusi dengan para investor, ia mengatakan bahwa timnya sangat terinspirasi oleh Fortnite yang mampu menarik gamer baru dari berbagai umur dan kalangan. Ia pun menambahkan bahwa ketika mereka (Activision) melihat seseorang mampu berinovasi dan mendapatkan respon yang baik, mereka (Activision) dengan cepat berusaha untuk dapat menangkap inspirasi dari inovasi tersebut.

Hal ini tentunya secara tidak langsung mengindikasikan bahwa mereka akan segera mengimplementasikan genre yang menjadi fenomena ini ke dalam game-game mereka kedepannya untuk dapat bertahan. Proyek terdekat yang akan dirilis oleh Activision sebentar lagi tentunya adalah seri Call of Duty yang tahun ini akan muncul lewat Black Ops 4. Hal ini tentunya menguatkan berita sebelumnya dimana COD: Black Ops 4 sendiri sudah diduga-duga akan tidak memasukkan mode single player sama sekali dan hanya berfokus pada multiplayer. 

Entah apakah keputusan ini menjadi salah satu jalan yang baik dimana seri Call of Duty sendiri kini sudah melewati titik jenuhnya meskipun tahun lalu mereka sempat membuat hype kembali dengan kembali ke setting era Perang Dunia 2, namun hal tersebut ternyata tidak dapat bertahan lama karena Black Ops 4 sendiri kini langsung kembali ke era perang modern. Menghilangkan mode single-player juga merupakan keputusan yang sangat beresiko mengingat mode inilah yang menjadi daya tarik utama dari game Call of Duty selama ini. Mungkinkah Activision dapat membawa seri Call of Duty ke genre yang lain, ataukah ini akan menjadi kegagalan terbesar untuk serinya.

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]