Fortnite Kumpulkan Dana Bantuan hingga Rp 1,4 Triliun untuk Ukraina

Dana Bantuan

Dalam sebulan belakangan ini, industri video game turut memberikan dukungan untuk Ukraina yang sedang diserang oleh negara tetangga mereka, Rusia. Baik pemain maupun developer game ikut berbondong-bondong memberikan bantuan dalam bentuk donasi untuk diberikan kepada organisasi kemanusiaan yang ada di Ukraina. Nah tak lama ini, salah satu perusahaan video game terkemuka – Epic Games, ikut berkontribusi dalam gerakan sosial itu lewat game battle royale kebanggaan mereka yaitu Fortnite.

Sebelumnya, bersama Xbox, Epic Games mengumumkan jika mereka berdua akan bersama-sama mengumpulkan dana bantuan untuk Ukraina via Fortnite. Dua raksasa di industri video game itu mengatakan jika semua pendapatan yang diraih Fortnite pada 20 Maret hingga 3 April, akan diberikan ke empat organisasi kemanusiaan yang saat ini sedang berada di Ukraina yaitu UNICEF, Direct Relief, UN World Food Programme dan UN Refugee Agency.

Dana Bantuan Fortnite akan Segera Disalurkan ke Organisasi Terkait

Pada 30 Maret kemarin via akun Twitter resmi mereka, Epic mengumumkan jika mereka telah mengumpulkan dana bantuan sebesar US$100 juta atau sekitar Rp1,4 triliun dan akan segera disalurkan kepada empat organisasi terkait. Bersamaan dengan itu, Epic mengatakan bahwa sebagian dari dana bantuan itu juga akan diberikan kepada World Central Kitchen, organisasi yang selama ini selalu memberikan bantuan dalam bentuk makanan kepada warga Ukraina yang terdampak.

Dana bantuan yang diraih Epic sejauh ini menjadi salah satu yang terbesar, tidak hanya dalam skala industri video game saja, tapi juga keseluruhan. Selain Epic, Humble Bundle juga jadi perusahaan video game lain yang ikut berdonasi dalam jumlah besar di mana pada 26 Maret kemarin, mereka berhasil mengumpulkan US$20 juta atau sekitar Rp287 miliar lewat program penjualan “Stand with Ukraine” yang mereka jalankan.

Ukraina Meraih Banyak Dukungan Positif, Sementara Rusia Terus Mendapat Respon Negatif

Fortnite Kumpulkan Dana Bantuan hingga Rp 1,4 Triliun untuk Ukraina 2

Sementara Ukraina mendapat banyak bantuan dari berbagai sektor terutama industri video game, hal yang sepenuhnya berbeda dirasakan oleh Rusia. Hampir semua perusahaan video game besar mulai dari PlayStation, Microsoft, Nintendo, Electronic Arts, Activision Blizzard, Epic Games, hingga CD Projekt Red, menghentikan peredaran atau penjualan semua game mereka di Rusia.

Fortnite saat ini telah tersedia untuk dimainkan di PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series X/S, Nintendo Switch, Android, iOS dan juga PC.

Sumber: PCGamesN


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Fortnite atau artikel lainnya dari Arif Gunawan. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version