Forum Apex Legends Gempar Berkat Respawn Sebut Gamer “Pemain Gratisan” dan “Hina”


Follow Us
Sebuah tindakan tidak profesional dari developer.

Jika kamu baru keluar dari dalam gua, mungkin kamu tidak mengetaui bahwa baru-baru ini Apex Legends tengah menjadi perbincangan berkat isu loot box baru di event barunya, Iron Crown. Loot box khusus tanpa duplikat sama sekali tersebut hanya bisa didapatkan dengan mengikuti challenge dan membelinya. Namun sebuah item kosmetik yang mengharuskanmu untuk membeli semua loot box dan persiapkan sekitar 3,500 Apex Coins dianggap menjadi cara bisnis kotor yang selama ini EA lakukan. Sontak forum reddit menjadi panas berkat protes gamer dari seluruh dunia yang membuat Project Lead Respawn, Drew McCoy meminta maaf dan memberikan update baru tentang item kosmetiknya. Namun sepertinya hal tersebut tak menyelesaikan masalah, terlebih setelah beberapa anggota Respawn sendiri menyebut mayoritas gamer “pemain gratisan” dan “hina”.

Nulis artikel dibayar

Sebuah thread yang berisi ungkapan maaf tersebut dibombardir oleh beberapa fans dengan sindiran bahwa EA lah yang menyuruh Respawn. Mengingatkan pada sebuah fakta bahwa Respawn kini telah menjadi milik EA sepenuhnya setelah diakuisisi. Beberapa sindiran lain bahkan direspon oleh para developer termasuk community manager Respawn sendiri dengan ungkapan yang sangat kasar.

dk05 (Drew McCoy) misalnya yang mengatakan, “Hey aku telah menemukan si brengsek yang kumaksud”. Ia kemudian melanjutkannya dengan mengatakan bahwa ia telah lama berkecimpung di industri video game dan masih ingat saat di mana player tidak menjadi orang-orang “hina”. “Jumlah orang yang membelanjakan (microtransaction, red) sangat sedikit, dan kebanyakan dari kalian adalah pemain gratisan”, imbuhnya lagi. Hal tersebut bagai menuang minyak dalam api, buat komunitas semakin panas dan lakukan downvote beberapa komentarnya.

Community Manager-nya, Jayfresh (Frechette) bahkan meresponnya dengan ketidak-profesionalisme dengan mengatakan bahwa gamer boleh menghina developer, menyebut mereka pembohong dan brengsek saat memberikan klarifikasi permintaan maaf. “Namun jika sebaliknya, kami dianggap tidak dewasa? Baiklah”, imbuhnya.

Menanggapi kegaduhan tersebut, salah satu user reddit mengajak para fans untuk tenang dan hentikan semua perkataan kotor mereka. Developer lain dari Respawn RaymeCV (kemungkinan besar Rayme Vinson) menjelaskan bahwa Drew dan Frechette merupakan orang baik dan mencoba jujur kepada para gamer. Ia menyarankan pada semua fans untuk menanyakannya dengan baik-baik di thread Q&A. “Pro dan kontra dalam berpendapat masih bisa diterima, namun menyerang secara pribadi dan berikan konspirasi sangat tidak baik.” imbuhnya.

Rayme juga menjelaskan bahwa jika semua gamer menganggap mereka telah merencanakan itu semua sejak awal untuk Apex Legends maka mereka benar-benar keterlaluan. Ia melanjutkan dengan cerita saat Rayme dan Respawn mengerjakan Titanfall 2 dan beranggapan terus mengupdatenya sampai tutup usia/masa kerja. Namun tidak, Respawn terus maju dan berencana untuk membuat Apex Legends. Ia bangga kepada kepemimpinan dan divisi bisnis yang mengubah model penjualan dari “$60 atau jangan memainkannya” menjadi “$0, tanpa pay to win, kosmetik dan battlepass yang akan membuatnya hidup”.

BACA JUGA  EA Revisi Spesifikasi Jedi: Fallen Order, Tak Lagi Rekomendasi RAM 32 GB

Jika kamu membaca beberapa komentar Drew, sebenarnya ia juga berusaha untuk jujur dan berikan rasionalisasi. Namun perkataan terus terangnya menjadi pisau bermata dua yang mau tak mau harus ia terima.

Apex Legends saat ini sudah bisa dimainkan di PC, PlayStation 4, dan Xbox One. Ikuti terus updatenya agar kamu bisa mendapatkan informasi terkini tentangnya.

BACA JUGA  Unjuk Story, Call of Duty Modern Warfare Pamerkan Trailer Barunya

contact: akbar@gamebrott.com


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item