Game Foundation Memberikanmu Kebebasan Dalam Menata Kerajaan ala Abad Pertengahan

in ,
Foundation Header

Terinspirasi dari game seperti The Sims, Crusader Kings dan Europa Universalis, game garapan developer asal Kanada, Polymorph Games, yang berjudul Foundation ini membawa genre city-building kearah yang bisa dibilang ‘lebih bebas’, terutama dalam mekanisme pembangunan dan penataannya.

Kalau biasanya game-game city-building menggunakan mekanisme grid untuk membuat penataan bangunan yang cenderung simetris, dalam game Foundation pemain akan diberikan kebebasan dengan ‘alat-alat menggambar’ yang berfungsi untuk mewarnai (zoning) suatu daerah dan menentukan fungsi dari daerah itu sendiri, seperti zona perumahan, zona farming dan lainnya. Setelah melakukan zoning, warga kerajaanmu secara otomatis akan membangun bangunan tersebut dan kerajaanmu sudah mulai berkembang.



Jalanan juga akan dibuat secara otomatis sesuai dengan medan tempuh yang paling sering digunakan oleh warga.

Fitur menarik lainnya dari game ini adalah pemain dapat membuat sendiri desain bangunan yang dapat digunakan dari permainan, seperti yang dapat kalian lihat pada video diatas. Dari rumah hingga kastil, semuanya bisa pemain desain sendiri dengan engine khusus yang disediakan oleh developer.

Foundation Custom Building

Sebagai ‘raja’ dari kerajaan yang telah pemain buat, menjaga hubungan dengan para bangsawan, pegiat agama dan juga rakjel adalah suatu keharusan untuk membuka pilihan bangunan baru, serta procedurally generated quest dan event-event khusus yang terdapat dalam game ini nantinya.

Foundation Day & Night Cycle

Saat ini Foundation hanya ditujukan untuk PC dan saat ini masih melakukan kampanye pendanaan via Kickstarter, namun telah mencapai goal pertamanya, dan jika berjalan dengan baik rencananya game ini akan rilis pada musim gugur yang jatuh pada bulan September hingga November.

Sang developer juga sudah memiliki rencana perkembangan game ini kedepannya jika funding goal berikutnya tercapai. Buat kamu yang tertarik untuk backing game indie satu ini atau sekedar ingin tahu detail dan fitur-fitur lainnya yang terdapat dalam game, bisa langsung mengunjungi halaman website ataupun kickstarternya.

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]