FTC Tolak Alat Pendeteksi Umur Video Game sebagai Verifikasi dari ESRB

Alat Pendeteksi Umur Video Game ESRB

Alat Pendeteksi Umur Video Game ESRB – Memastikan pengkategorian serta perlindungan kepada konsumen khususnya anak-anak terhadap konten game yang sesuai dengan kategori umunya merupakan tugas dari Lembaga rating seperti ESRB.

Baru-baru ini, badan rating game tersebut telah mengajukan proposal terkait alat pendeteksi umur guna melindungi para anak muda dari video game. Sayangnya proposal ini ditolak oleh Pemerintah Amerika Serikat. Kira-kira apa alasannya?

Alasan FTC Tolak Alat Pendeteksi Umur Video Game dari ESRB

Apa alasan FTC menolak alatnya, ya?

Pada tahun 2023 lalu, Lembaga rating ESRB mengajukan proposal berkatian alat pendeteksi umur untuk mengakses game yang disebut Privacy-Protective Facial Age Estimation.

Alat ini bertujuan untuk mendeteksi umur pengguna dengan cara menangkap gambar wajah pengguna ketika game dibuka. Selanjutnya sistem dengan bantuan AI akan mengkalkulasi kisaran umur pemain dari tangkapan foto tersebut.

Ide ini akhirnya ditolak oleh Lembaga perlindungan Konsumen AS, yaitu FTC. Menurut mereka konsep yang di ajukan oleh ESRB tersebut dinilai berpotensi tidak akurat. Selain itu masalah privasi juga muncul dari penerapan alat ini.

Faktor Akurasi dan Privasi Anak Jadi Pertimbangan

ESRB sebenarnya sempat diberikan kesempatan oleh FTC untuk mengajukan berkas tambahan yang dapat mendukung dan memperkuat proposal tersebut. Sayangnya hingga waktu yang telah ditentukan, Lembaga rating tersebut belum mampu memfasilitasi permintaan tersebut sesuai tenggang waktu yang ditentukan.

FTC Membuka Ruang untuk Pengajuan Kembali

Kantor FTC AS

Walaupun telah menolak pengajuan proposal dari ESRB, FTC menyatakan mereka tetap membuka ruang bagi Lembaga rating tersebut untuk mengajukan kembali proposal serupa.

Dengan catatan Lembaga rating tersebut dapat menyediakan penjelasan dan alat yang lebih baik sehingga cukup untuk meyakinkan dewan juri dan publik guna menerapkan sistem ini.

Sebelumnya dalam proses pengajuan proposal ini pada maret 2023, FTC menerima lebih dari 350 komentar yang menyatakan menolak proposal tersebut. Adapun alasan penolakan dari komentar tersebut lebih kepada mempertanyakan bagaimana sistem ini bekerja dan apakah terjamin berjalan akurat.

Itulah informasi tentang penolakan Mekanisme Pendeteksi Umur ESRB oleh Pemerintah AS. Mari kita tunggu saja informasi selanjutnya apakah alat untuk mendeteksi umur dari ESRB ini akan diterima oleh FTC atau tidak kedepannya.


Baca juga artikel-artikel Gamebrott lainnya terkait Tech serta berita terkini lainnya dari Friliando. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version