G2A Harus Bayar Ganti Rugi Ke Developer karena Kasus Key Game Curian

stop G2a

Saat ini penjualan digiltal untuk game menjadi hal yang lumrah. Apalagi dengan meningkatnya akses dan pengguna internet yang begitu pesat. Berbagai perusahaan beramai-ramai mengembangkan Marketplace penjualan digital dengan berbagai strategi masing-masing. Padahal dulunya penjualan game secara digital sempat diremehkan.

Dilansir dari eurogamer, G2A, perusahaan di belakang G2A Marketplace yang kontroversial, menawarkan untuk membuka riwayat transaksinya kepada auditor independen. Tujuannya adalah untuk menghapus namanya dari kesalahan setelah bertahun-tahun dituduhan membantu memfasilitasi penjualan barang curian. Hanya satu Developer yang menerima tawaran itu. Sekarang G2A akan secara sukarela membayar mereka hampir $ 40.000.

Di antara banyak lini bisnisnya, G2A yang dimiliki orang-orang Polandia namun berbasis di Hong Kong menjalankan Marketplacenya, di mana pengguna dari seluruh dunia dapat menjual key game. Pelayanannya mirip dengan pengecer seperti Amazon dan eBay.

Developer dari semua ukuran telah mengeluh selama bertahun-tahun bahwa G2A Marketplace memungkinkan untuk penjualan barang curian. Situasi telah menyebabkan konflik antara Developer dan karyawan G2A di dunia nyata. Pada 2019, G2A membuat apa yang diklaimnya sebagai tawaran berani, menjanjikan 10 kali nilai dari setiap key game yang diperoleh secara curang yang dijual di pasarnya. Hanya ada satu syarat yaitu Developer harus bekerja sama dengan G2A dan auditor independen.

Hanya satu perusahaan, pengembang independen yang berbasis di Ceko, Wube Software, Developer dari Factorio yang menandatangani Kerja sama tersebut. G2A telah membayar $ 39.600 kepada Wube, 10 kali nilai Key game harga penuh yang dimaksud, sesuai perjanjian sebelumnya.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

“Wube melaporkan kepada G2A daftar 321 kunci yang diyakini telah dijual online secara tidak sah,” kata G2A dalam posting blog. “Setelah menilai sejumlah perusahaan audit independen dan tidak menemukan satu pun yang akan memenuhi persyaratan yang kami sepakati, Wube dan G2A memutuskan bahwa G2A harus melanjutkan penyelidikan internal. Investigasi ini mengkonfirmasi bahwa 198 kunci Wube telah dijual melalui Marketplace-nya antara Maret 2016 – Juni 2016. “

Dalam posnya, G2A tidak menerima kesalahan karena membiarkan kunci yang diperoleh secara ilegal dijual. “Ketika kami meluncurkan penawaran ini, kami ingin mengirim pesan yang jelas kepada komunitas game bahwa penipuan merugikan semua pihak,” kata G2A dalam posting blog. “Seperti yang kami sebutkan di blog ini, penipuan secara langsung melukai individu yang membeli kunci tidak sah, itu menyakiti Developer game dan akhirnya menyakiti G2A karena kami dipaksa, sebagai fasilitator transaksi untuk menutupi biaya yang terkait dengan penjualan. Kami ingin memperkuat pesan itu dan menarik perhatian orang. “

Selanjutnya G2A menambahkan bahwa, ke depannya, mereka berkomitmen untuk memberikan kompensasi kepada developer sepenuhnya untuk setiap biaya yang dikeluarkan untuk setiap kunci yang dijual melalui G2A Marketplace, jika mereka dapat membuktikan bahwa mereka tidak sah.

Oleh karena itu, hal ini menjadi langkah cukup baik dari G2A untuk mencoba memperbaiki dirinya Kembali. Apalagi isu penjualan game ilegal via digital, saat ini sedang menjadi sorotan. Terutama karena kerugian besar terhadap semua pihak, baik developer, user dan marketplace. Harapannya masalah ini dapat terselesaikan dan konflik ini dapat reda.

Exit mobile version