G2A: Permintaan Game Survival dan Olahraga Naik Semenjak Wabah Covid-19

uYIvq84SO6 wcvZ3WJ6eMSPn3xuLJdcCS74iTRCNWsI 390x400 1x 0

Dengan wabah Covid-19 menghalangi warga dunia untuk beraktivitas seperti biasa. Banyak diantaranya memanfaatkan waktu kosong di rumah dengan bermain video game. Hal tersebut terbukti dengan Steam dan platform gaming raihnya meraih kenaikan jumlah pemain yang amat tinggi dalam beberapa minggu terakhir. Tetapi game seperti apa yang sangat diincar selama masa karantina ini?

Mengambil data penjualan dari website third-party G2A, mereka menyebutkan bahwa ada kenaikan permintaan dari game-game dengan genre survival dan olahraga. Sekitar 75% kenaikan terjadi pada pencarian game dengan tema survival. Game seperti The Division, State of Decay, Plague Inc menjadi game yang mengalami kenaikan hasil search oleh calon pembeli lebih dari 200%.

Game olahraga mengalami kenaikan yang jauh lebih pesat. Menurut G2A, traffic pencarian FIFA 20 telah naik 132% dan F1 2019 naik hingga 2,332%. Hal ini bisa disebabkan karena event olahraga sekarang yang terpaksa ditunda atau bahkan dihentikan oleh wabah virus, membuat penggemar olahraga harus berpaling ke fantasi video game untuk melihat atlet favorit mereka beraksi.

Di luar dari kedua genre tersebut, G2A juga mengungkapkan kenaikan permintaan dari game-game klasik keluaran tahun 90-an dan awal tahun 2000 hingga 851%. Game seperti seperti Age of Empires 2 dan Worms Armageddon menjadi dua contoh yang disebutkan.

Melihat G2A hanyalah website reseller third-party, data yang mereka berikan mungkin memang tidak dapat mewakilkan trend sebenarnya di kondisi saat ini. Namun dengan besarnya traffic dari G2A, tetap menjadi hal menarik untuk melihat apa yang tengah populer dibalik website tersebut di waktu seperti sekarang ini.


Baca pula informasi lain terkait Covid-19 beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

Exit mobile version