Gabe Newell Masih Berpendapat Bahwa Pemain Harus Membayar untuk Mod Game

gaben3

Masih ingat ketika Valve perkenalkan sistem mod berbayar di Steam? Ingat seberapa heboh sistem tersebut membuat gamer PC “triggered oleh keputusan Valve tersebut hingga mereka harus batalkan keberadaan sistem tersebut? Jika lupa, biarkan salah ringkas sedikit.

Pada bulan April 2015, Valve merilis sistem mod berbayar dengan game The Elder Scrolls V: Skyrim sebagai game pertama yang mendukung sistem tersebut. Dalam hitungan detik, sistem ini langsung membuat kontroversi karena dianggap merusak “semangat dari modding” yang biasanya dianggap untuk bersenang-senang semata, dan juga mereka beranggapan bahwa fitur ini membuat mod seperti skin DLC berbayar. Karena terlalu dibenci oleh kebanyakan gamer PC, Valve terpaksa membatalkan sistem tersebut beberapa hari kemudian.

Tampaknya ide mod berbayar ini belum sepenuhnya mati di Valve melihat Gabe Newell, Co-founder sekaligus bos dari Valve, masih berpendapat bahwa modder seharusnya dibayar untuk kerja keras mereka.

“Mod yang dibuat orang memiliki banyak nilai, dan kami sangat merasa bahwa mereka perlu dikompensasi. Mereka menciptakan sesuatu yang bernilai yang membuat mereka tidak dikompensasi secara benar bagaikan bug didalam sebuah sistem,” Ucap Gabe Newell kepada Gamesbeat

Pria yang sering disapa Gaben ini juga berpendapat bahwa banyak mod populer yang telah membantu penjualan sebuah game. Namun pembuat mod terkadang tidak mendapatkan penghargaan yang sesuai atas kontribusinya tersebut. Menurutnya apabila kreator dari sebuah mod mendapatkan kompensasi atas karyanya, tentu akan membuat dia terus berkarya lewat mod dan menginspirasi modder lain bahwa kerja keras mereka bukanlah “buang-buang waktu semata”.

Gaben sendiri mengakui bahwa Valve gagal total dalam memperkenalkan mod berbayar kepada komunitas gamer PC. Dia menjelaskan bahwa mereka merilis sistem tersebut dengan cara yang salah dan asal-asalan yang membuat banyak gamer tidak setuju dan terpaksa harus ditarik oleh mereka. Namun maksud utama dari memperkenalkan sistem tersebut adalah mengajak komunitas gaming untuk menghargai kerja keras seseorang yang telah menciptakan mod.

Kini mereka sedang memikirkan cara paling tepat untuk memperkenalkan sistem tersebut kembali. Rencana mereka adalah membuat kedua belah pihak yaitu modder dan developer sama-sama senang, tanpa harus mengasingkan pemain yang sudah terbiasa dengan tradisi mod gratis selama puluhan tahun. Dan meskipun usaha pertama mereka dalam memperkenalkan mod berbayar ini gagal total dan kontroversial, Valve akui belajar banyak hal dari usaha pertama tersebut.

Apakah mod berbayar akan kembali nantinya, dan apakah usaha kedua ini dapat diterima gamer PC? Kita lihat saja nanti.

Source: Gamesbeat

 

Exit mobile version