Gagal Tes CPNS? 14 Profesi Industri Video Game Ini Bisa Menyelamatkanmu

in

Pegawai Negeri Sipil atau disingkat PNS mungkin menjadi salah satu profesi yang paling diminati oleh seluruh warga Indonesia. Selain gaji tetap yang terbilang cukup besar, PNS juga kerap menerima berbagai tunjangan bahkan tetap menerima gaji saat pensiun. Berbagai keuntungan menggiurkan tersebut membuat setiap tahunnya ramai akan CPNS, dan tahun ini pun setidaknya ada lebih dari 2.5 juta pendaftar yang akan melaksanakan tes CPNS pada bulan November ini.

Namun dari jutaan pelamar tersebut, yang akan terpilih untuk mengisi posisi-posisi yang tersebar dalam berbagai instansi pemerintahan hanya sekitar 230.000 orang. Persaingan yang begitu ketat tentu membuat peluang untuk keterima menjadi PNS semakin kecil. Hal inilah yang membuat para pelamar harus belajar dengan giat demi melewati rangkaian tes yang akan diberikan dengan hasil yang terbaik.

Hal ini bukan berarti PNS menjadi satu-satunya profesi yang menguntungkan. Banyak perusahaan yang juga memperhatikan kesejahteraan karyawannya, salah satunya adalah perusahaan-perusahaan yang bergerak di industri video game misalnya.

Bekerja dalam industri video game juga merupakan salah satu profesi yang diminati banyak orang. Kamu yang hobi bermain video game mungkin setidaknya pernah sesekali memikirkan untuk membuat sebuah video game, ataupun jadi gamer profesional dan beraksi dalam laga internasional. Namun profesi dalam industri video game tentu saja tidak terbatas untuk kedua hal tersebut saja.

Jika nasib tidak berpihak padamu wahai CPNS yang gemar bermain video game, kamu tidak perlu khawatir kala kamu tidak keterima menjadi PNS karena dibawah ini kamu akan temukan deretan profesi-profesi dalam industri video game yang bisa kamu tekuni sesuai bidang keahlianmu.


1. Video Game Programmer

Salah satu hal paling penting dalam pembuatan video game adalah menyusun program agar game dapat berjalan sesuai dengan konsep permainan yang telah ditentukan. Pekerjaannya sendiri meliputi berbagai hal yang berhubungan dengan menyusun rangkaian koding, salah satunya adalah memastikan bahwa aset-aset game seperti karakter misalnya dapat berfungsi sesuai yang ditentukan oleh tim desainer.

Profesi ini tentunya cocok buat kamu lulusan ilmu komputer atau yang suka menekuni bidang IT. Dan sebagai salah satu pekerjaan dengan beban kerja yang seringkali membeludak, profesi ini juga kerap memberikan gaji yang sangat besar.


2. Video Game Writer

Perkembangan video game juga secara tak langsung membuat sebuah jalan cerita dalam video game tidak kalah pentingnya seperti jalan cerita dalam film. Dari membuat Storyboard, membentuk karakter degan sifat dan keunikan sedetail mungkin, membuat naskah untuk puluhan karakter atau bahkan ratusan, menentukan latar-latar yang akan dipakai dalam game, hingga menciptakan plot dan alur cerita yang linear maupun bercabang seperti game RPG zaman now. Tim penulis nantinya juga akan banyak bekerja dengan tim desainer dan para voice actors, agar menghasilkan cerita dan suasana permainan yang tidak monoton.

Profesi ini tentunya cocok untuk kamu yang memiliki kemampuan menulis secara kreatif atau memiliki imajinasi yang absurd dan kompleks.


3. Video Game Artist / Animator

 

Mungkin menjadi profesi kedua yang paling dicari kedua dalam industri video game. Sesuai namanya, profesi ini adalah menciptakan aset-aset yang akan digunakan dalam video game, seperti karakter utama, NPC, gedung-gedung, latar tempat, bahkan hal-hal kecil yang sekedar menambahkan detail permainan. Tidak hanya itu, profesi ini juga membuat serangkaian animasi untuk aset-aset yang dibuat tersebut agar terlihat lebih berestetika.

Kamu yang menekuni hobi menggambar terutama secara digital tentunya menjadi kandidat yang sangat berpotensial dalam industri video game. Portofolio gambar-gambarmu tentunya bisa kamu upload ke Internet agar orang banyak dapat melihat kemampuanmu dalam berkarya. Tidak jarang juga banyak developer yang langsung merekrut para artist berbakat tersebut setelah menemukan karya sang artist di website-website seperti ArtStation.


4. Voice Actor

 

Hampir setiap video game zaman now, terutama game-game AAA pasti memiliki pengisi suara untuk karakter-karakter yang ada di dalam gamenya. Tujuannya tentu untuk membuat suasana dan atmostif didalam game jadi penuh akan kehidupan. Developer game bahkan rela membawa artis-artis papan atas untuk mengisi atau memerankan suatu karakter dalam game.

Kamu yang gemar menekuni bidang akting tentunya cocok dalam profesi satu ini. Walau memang voice actor seringkali hanya melakukan dubbing untuk sebuah karakter, namun kemampuan dalam berakting tentunya akan lebih membantu mengeluarkan potensi dari persona sang karakter yang sedang diperankan.


5. Motion Capture Actor / Stuntman

 

Game AAA zaman now hampir semuanya menggunakan teknologi Motion Capture. Sesuai namanya, motion capture merupakan serangkaian proses pengambilan gerakan, mulai dari gerakan tubuh hingga gerakan wajah yang dilakukan sang aktor. Proses ini dilakukan untuk mempermudah pengerjaan animator dalam menciptakan animasi yang lebih realistis, salah satunya seperti dalam adegan-adegan pertarungan yang berlangsung dengan begitu cepat. Voice Actor juga seringkali merangkap sebagai aktor untuk motion capture.

Kamu yang jago berakting atau mungkin jago bela diri tentunya cocok untuk profesi satu ini. Berakting layaknya aktor layar lebar ataupun jadi Stuntman untuk memperagakan adegan-adegan yang cenderung berbahaya tentu menjadi salah satu hal penting yang dilakukan oleh industri video game zaman now.


6. Composer / Musician

 

Musik maupun soundtrack juga kini menjadi bagian yang penting dalam pembuatan video game. Berbagai adegan dalam video game kerap diiringi oleh alunan melodi demi menciptakan atmosfir yang lebih hidup, seperti iringan melodi piano untuk adegan sedih atau bahkan iringan musik metal saat boss fight. Bahkan kini musik dalam video game mendapatkan kategorinya sendiri dalam penghargaan tahunan industri video game.

Profesi ini tentunya cocok untuk kamu yang menekuni bidang musik, sebagai penyanyi maupun pemain instrumental tentu terbuka kesempatannya dalam industri video game. Kamu yang bisa memainkan lebih dari satu alat musik juga berkesempatan besar untuk diterima oleh developer game. Namun biasanya seorang composer kreatif lah yang paling sering dicari untuk membuat ratusan musik ataupun soundtrack sesuai dengan tema video game yang sedang dikerjakan.


7. Video Game Designer

Semua profesi dalam sebuah pengembangan developer yang telah disebutkan sebelumnya pasti dinaungi oleh tim desainer. Video game designer bisa dikatakan sebagai otak dibalik pembuatan video game, karena merekalah yang bertugas untuk menciptakan konsep, karakter, latar cerita, elemen gameplay, bahkan musik yang dipakai. Hal ini tentunya membuat tim desainer sangat sibuk karena berhubungan langsung dengan seluruh tim lainnya, terutama tim writer.

Seorang desainer game tidak harus memiliki kemampuan coding, membuat animasi ataupun bermusik. Bermodalkan kemampuan menulis yang baik serta memiliki ide-ide dan imajinasi yang luas nan kreatif tentu menjadi kandidat yang berkesempatan besar untuk profesi ini. Dan tidak jarang juga seorang game designer seringkali diangkat menjadi direktur utama atau bahkan executive producer bila game yang dihasilkannya sukses.


8. Video Game Tester

Profesi-profesi sebelumnya merupakan profesi yang terlibat dalam terciptanya sebuah video game, namun video game tersebut tentunya tidak akan berhasil tanpa Video Game Tester. Sesuai namanya profesi ini adalah mencoba suatu game sebelum dirilis secara penuh. Namun sayangnya profesi ini tidak membuat kamu menikmati game karena disini kamu bertugas untuk mencari kesalahan-kesalahan seperti bug, glitch yang tertinggal selama pengembangannya. Profesi ini juga pastinya akan banyak berkomunikasi langsung dengan developer.

Profesi ini cocok untukmu yang tidak keberatan atau biasa menghabiskan berjam-jam bermain video game tanpa henti. Namun kamu yang menguasai bidang komputer serta quality assurance juga biasanya menjadi nilai tambah untuk diterima menjadi salah satu video game tester.


9. Video Game Journalist

Menjadi salah satu profesi yang juga cukup populer, jurnalis video game menjadi jembatan antara developer dengan para audiens. Mulai dari menyampaikan berita terkait video game yang sedang populer atau bahkan membahas video game dari sisi developernya. Dan salah satu hal penting dalam profesi ini tentunya adalah mereview banyak game, karena banyak orang yang masih memutuskan untuk membeli game atau tidak berdasarkan para review.

Jurnalis mencakup beberapa bidang, seperti content writer, reporter lapangan, video editor dan sebagainya. Namun kreatifitas juga tidak kalah penting dalam dunia jurnalis. Hal ini tentu sama seperti yang dilakukan oleh Gamebrott.com, dimana kami mencoba terus memberikan informasi terbaru dalam industri video game, namun juga tetap menyajikan konten yang menghibur.


10. Professional Gamer

Mungkin menjadi profesi populer yang diidam-idamkan oleh kids zaman now. Namun menjadi gamer profesional tentu bukan suatu hal yang mudah dilakukan dalam hitungan bulan, melainkan bertahun-tahun latihan. Gamer profesional cenderung bertanding dalam rana kompetitif bersama sebuah tim dalam game seperti game Dota 2, League of Legends, Overwatch dan game-game esports lainnya.

Menekuni profesi satu ini bisa dikatakan tidak mudah, karena selain jago bermain game kamu juga harus mengetahui dan menguasai seluk beluk game tersebut. Tidak hanya itu, kamu juga cenderung harus mengikuti banyak turnamen terlebih dulu untuk membuat namamu terdengar sebelum dilirik oleh tim-tim besar. Namun jika kamu memang punya tekad dan niat yang kuat, membentuk tim sendiri dari awal juga bisa menjadi alternatif menjadi gamer profesional.


11. Team Manager

Sebuah tim profesional pastinya sangat membutuhkan sosok manajer yang bertugas mengelola kesejahteraan dan kemajuan tim tersebut, seperti mengatur jadwal latihan, mengurusi kerjasama dengan para kontraktor, menjadi jembatan antara tim dengan media dan bahkan mengurusi gaji para anggota tim. Profesi satu ini terutama dalam industri video game lebih banyak diperankan oleh kaum hawa.

Kamu yang menekuni bidang manajemen tentu menjadi kandidat yang cocok untuk mengurusi perkembangan sebuah tim. Kemampuan dalam mengelola waktu dan berkomunikasi juga menjadi syarat utama dalam profesi ini.


12. Social Media Officer

Developer game maupun tim profesional tentunya membutuhkan pengelola media sosial sebagai salah satu sarana penghubung dengan para fans ataupun pihak-pihak yang bersangkutan. Selain sebagai salah satu media untuk promosi, media sosial juga berguna untuk membangun image dari developer game maupun tim profesional tersebut.

Tidak hanya sering aktif dalam media sosial, kamu juga harus tahu seluk beluk dan fungsi dari media sosial yang digunakan untuk memaksimalkan fitur yang tersedia di masing-masing media sosial. Bisa dikatajan menjadi salah satu profesi yang menyenangkan, seorang pengelola media sosial cenderung diberi kebebasan dalam melakukan engagement dengan audiens sekreatif mungkin, contohnya sh*tposting.


13. Customer Support / Service

Seperti namanya profesi ini bertugas untuk menanggapi segala keluhan yang dialami konsumen. Dalam industri video game sendiri profesi customer support tidak kalah penting, dimana tugasnya yang langsung berhadapan dengan konsumen secara personal membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik serta pengetahuan yang mendalam terhadap produk yang dijualnya.

Profesi ini mungkin terdengar biasa saja karena hanya menjawab panggilan konsumen dan menjawab sesuai dengan prosedur. Namun pada kenyataannya, seorang customer support akan menghadapi konsumen-konsumen tidak tahu diri yang cenderung agresif dan ingin menang sendiri, sehingga kemampuan dalam mengendalikan emosi juga cukup penting dalam pekerjaan ini.


14. Language Translator

Pembuatan video game memang cenderung menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utamanya, namun kamu tentu sering melihat adanya pilihan bahasa pada menu option suatu game, biasanya meliputi bahasa Rusia, China, Spanyol, Prancis, Jerman dan beberapa bahasa negara lainnya. Hal tersebut tentu dilakukan oleh tim penerjemah, dan biasanya dilakukan ketika game hampir selesai dan siap untuk dirilis.

Profesi ini tentunya cocok untuk kamu yang mempelajari bahasa selain bahasa negaramu sendiri, terutama bahasa-bahasa yang telah disebutkan sebelumnya. Jika bahasa yang kamu pelajari sudah mencapai tingkat profesional proficiency atau bahkan fasih tentu kesempatan untuk diterima dalam profesi ini semakin besar.


Walau memang di Indonesia sendiri masih sedikit kesempatan untuk berkarya dalam industri video game, cukup banyak perusahaan di luar negeri yang membuka kesempatan secara lebar untuk posisi-posisi diatas. Bahkan banyak developer yang tidak keberatan memberikanmu akomodasi lebih jika kamu memang kandidat terbaik untuk posisi yang kamu apply.

Demikianlah beberapa profesi yang bisa kamu tekuni jika memang tertarik dalam video game dilanda kamu tidak diterima jadi PNS. Walaupun demikian, profesi dalam industri video game tentu bukan satu-satunya profesi yang menyenangkan. Carilah profesi yang sesuai dengan passionmu ataupun hobimu, karena passion yang dibayar merupakan pekerjaan yang terbaik yang dapat kamu miliki.

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]