[OPINI] Game Action RPG dan Turn-Based RPG, Mana yang Lebih Seru?

Game Action RPG dan Turn-Based RPG

Game Action RPG dan Turn-Based RPGRole-Playing Game (RPG) sudah menjadi genre yang sangat populer dalam video game. Dengan dunia yang indah, narasi cerita yang menarik, serta perkembangkan karakter yang sangat bagus membuat genre ini menjadi salah satu genre wajib para gamer.

Dalam genrenya, ada 2 sub-genre yang sangat populer dan sering menjadi perdebatan yaitu Action RPG dan juga Turn-Based RPG. Kedua genre ini sering dibahas oleh para gamer perihal keseruan masing – masing sub-genre tersebut.

Pembahasan tentunya berhubungan dengan gameplay, story, dan grafis. Dan memang setiap sub-genre RPG memiliki ciri khas mereka yang membuatnya unik sehingga berbeda dari sub-genre RPG lainnya.

Game Action RPG dan Turn-Based RPG, Lebih Seru yang Mana?

Lebih seru yang mana antara kedua genre ini?

Pada artikel ini, Gamebrott akan membahas game Action RPG dan Turn-Based RPG dari sisi kelebihan dan juga kekurangan mereka. Kemudian mempertemukan kedua perbedaan genre tersebut.

Action RPG

Action RPG

Action-RPG hadir dengan pertarungan real-time dan gameplay yang sangat cepat. Hal ini memberikan pengalaman yang menarik dan membuat para pemain akan tetap duduk memainkan game tersebut.

Sub-Genre ini memberikan kendali secara penuh terhadap karakter pemain serta mekanik – mekanik yang aktif. Dengan keaktifan genre ini, makan pemain akan merasa terdorong untuk melakukan petualangan di dunia game tersebut.

Action-RPG berfokus dengan visual yang aktif dengan berbagai detail yang ada pada dunia tersebut untuk menciptakan pengalaman bermain yang penuh aksi. Kombinasi berbagai elemen RPG dengan aksi tentunya membuat para pemainnya merasa berperan sebagai karakter utama pada game.

Turn-Based RPG

Turn-Based RPG

Pada sisi RPG lainnya, terdapat genre Turn-Based RPG yang berfokus pada gameplay yang lebih strategis dan pengalaman bermain yang santai. Genre ini membuat pemain menggunakan giliran untuk melakukan sebuah aksi.

Berbeda dengan Action-RPG yang aktif dan mengutamakan reflek dan insting, Turn-Based RPG dengan gameplay yang pelan membuat para pemainnya dapat memilih pilihan atau strategi yang lebih diperhitungkan dengan mempertimbangkan seluruh kondisi yang ada.

Turn-Based RPG sering befokus pada pengembangan dunia, narasi yang detil, serta perkembangan karakter yang panjang. Pemain juga mengendalikan banyak karakter sehingga dapat menyusun strategi sebelum melawan musuh.

Perbedaan Action RPG dan Turn-Based RPG

Perbandingan kedua genre

Genre ini sangatlah berbeda bagaikan Siang dan Malam. Action RPG sesuai namanya lebih berfokus dengan gameplay yang sangat aktif dan penuh aksi. Sementara itu Turn-Based RPG menggunakan giliran dan lebih santai.

Action RPG juga lebih berfokus dengan grafis yang aktif dan lebih nyata. Fokus ini bertujuan agar game menjadi lebih imersif dan membuat seluruh aksi yang terjadi menjadi realistis. Sementara itu Turn-Based RPG menfokuskan ke jalan cerita yang sangat dalam serta penyusnan strategi bertarung yang lebih kompleks.

Lebih Baik yang Mana?

Pilihan Yang Berat

Keseruan genre game RPG berasal dari keanekaragaman yang dapat diberikan dari genre ini. Setiap Sub-Genre yang hadir seperti Action RPG dan Turn-Based RPG diperuntukkan untuk pasar gamer yang berbeda.

Hal ini membuat semua orang dapat menikmati game RPG. Action RPG menghadirkan aksi yang cepat dan reward secara langsung sehingga cocok untuk gamer yang menyukai pertarungan intens dan juga real-time.

Sementara itu, Turn-Based RPG memberikan tingkat kedalaman strategi yang jauh lebih luas dan membuat para pemainnya dapat menyusun rencana untuk setiap tindakan atau langkah yang akan diambil sehingga lebih cocok untuk para gamer yang lebih suka berfikir.

Intinya, Kedua genre ini sama – sama bagus kok, tergantung dari preferensi pemain yang akan memainkannya. Jika seorang gamer lebih suka memainkan game yang banyak aksi, maka Action RPG adalah pilihan yang lebih baik. Begitu juga bagi gamer tua seperti penulis yang suka berfikir strategi, Turn-based RPG merupakan pilihan yang lebih baik.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Android atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version